Dark/Light Mode

PNM Gelar Pelatihan Petani Kopi Nasabah Mekaar Di Kintamani

Selasa, 1 Maret 2022 17:17 WIB
Kunjungan usaha atau studi banding bertajuk Coffee Experience oleh PNM Cabang Denpasar. (Foto: Dok. PNM)
Kunjungan usaha atau studi banding bertajuk Coffee Experience oleh PNM Cabang Denpasar. (Foto: Dok. PNM)

 Sebelumnya 
Hasil produksi kopinya dipasarkan dan bekerja sama dengan Tanamera Kopi dengan jenis kopi Arabica, yang biasanya ditanam di ketinggian 1200-1400 MDPL. Kegiatan di sini adalah bagaimana proses pasca panen kopi.

Lokasi kedua, di Desa Blantih, Kintamani, dengan Ayu sebagai tokoh wanita yang juga mempekerjakan 25-50 perempuan (ibu-ibu).

Baca juga : Sidak Ke Batam, Jerry Pastikan Stok Dan Harga Migor Aman

Diketahui, Ayu sudah mengekspor kopi ke beberapa negara, di antaranya Korea dan Dubai. Jenis kopi yang dihasilkan adalah kopi Arabica. Kegiatan disini adalah mencoba bagaimana proses sangrai Biji kopi.

Lokasi ketiga dan terakhir sebagai penutup rangkaian hari ini di desa catur, Kintamani. Bapak I Ketut Jati merupakan petani kopi dan pengolah kopi yang sudah ekspor kopi ke beberapa daerah dan negaranya, di antaranya Amerika Serikat, Korea, Dubai, Jepang dan lainnya. Kopi yang dihasilkan Arabica.

Baca juga : IPDN Gelar Vaksinasi Booster Di 4 Lokasi Kabupaten Batang

Pada kegiatan penutupan dilakukan proses penyeduhan kopi dari daerah masing-masing. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Materi yang diberikan fokus kepada pemasaran dalam mengelola usaha kopi, dan mengembangkan potensi usaha.

"Selain itu, PNM PKU juga mengajarkan bagaimana membangun sinergi antar anggota kelompok agar terbinanya UMK yang unggul, tangguh dan inovatif sehingga bisa naik kelas," kata Jimmy.

Baca juga : Gubernur DKI Apresiasi Kontribusi PLN Atasi Masalah Sampah Di Jakarta

Sebagai informasi, hingga 24 Februari 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 113,36 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 11,4 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.025 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.