Dark/Light Mode

PLN Gandeng Sang Hyang Seri Olah Sekam Padi Jadi Bahan Bakar PLTU

Kamis, 3 Maret 2022 12:53 WIB
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo

 Sebelumnya 
Direktur Utama SHS Maryono menjelaskan, kerja sama ini juga sejalan dengan transformasi bisnis yang dilakukan oleh perusahaannya.

Apalagi, selama ini dalam mengelola sawah dengan hasil sebesar 55 juta ton per tahun, ada tumpukan sekam sebesar 11 juta ton.

Baca juga : PLN Gandeng Perhutani, Amankan Pasokan Biomassa Untuk Co-firing PLTU

"Yang biasanya ini hanya menumpuk, kini Alhamdulillah sudah ada off takernya. Kami akan mengolah sekam ini menjadi bentuk pelet yang bisa digunakan PLN untuk program co-firing_" ujar Maryono.

Saat ini PLN dan SHS sudah melakukan uji coba penggunaan pelet dari sekam ini pada dua PLTU, yaitu PLTU Lontar dan PLTU Indramayu.

Baca juga : PLN Gercep Amankan Kelistrikan Di Daerah Terdampak Banjir Banten

Pelet yang berasal dari sekam padi ini mempunyai kalori 3.700 sehingga mampu menjadi substitusi batubara.

"Namun pengembangan ini tidak hanya di Jawa saja, wilayah Sulawesi Selatan sebagai salah satu lumbung padi Indonesia juga bisa menjadi proyek selanjutnya bersama PLN," ujar Maryono. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.