Dark/Light Mode

Nilai Berkontribusi Bantu UMKM Selama Pandemi

Erick Happy Kinerja BRI Positif Dan Sehat

Jumat, 4 Maret 2022 09:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: ANTARA FOTO).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: ANTARA FOTO).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir happy dengan kinerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sepanjang tahun 2021. Sebab, menurutnya, bank pelat merah ini telah berkontribusi nyata dalam mendukung pemulihan ekonomi.

BRI memutuskan membagikan deviden sebesar 85 persen dari laba bersih konsolidasian tahun buku 2021 yakni senilai Rp 26,40 triliun. Keputusan ini diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2022 yang digelar, Selasa (1/3).

Baca juga : Tembakau Berkontribusi Besar Bagi Kemandirian Perempuan

Deviden yang akan dibagikan tersebut ekuivalen dengan Rp 174,23 per lembar saham. Dengan asumsi adanya pengalihan treasury stock sebelum tanggal cumdate. Menanggapi keputusan RUPST, Menteri BUMN Erick Thohir menilai, pembagian deviden dalam RUPST BRI tersebut, menjadi angin segar untuk perekonomian mikro maupun makro.

Secara mikro, menurut Erick, BRI mampu menunjukkan mampu beradaptasi dengan model bisnisnya yang fokus mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Secara makro, kesuksesan di level mikro tersebut mampu berkontribusi dalam mendukung perekonomian nasional. “Ini menjadi bukti bagaimana BRI dengan holding-nya yang fokus pada ultra mikro (UMi), mampu terus berkinerja secara positif dan sehat dalam mendukung UMKM,” ucap Erick dalam keterangannya, Selasa (1/3).

Baca juga : Pengamat Prediksi, AHY Sulit Dapat Porsi

Menurut mantan bos Inter Milan ini, keberhasilan Holding UMi juga dirasakan hingga ke pelaku usaha kecil. Berbagai program yang dilakukan BRI, termasuk kredit usaha kecil, nyatanya terbukti sukses dalam memutar perekonomian secara umum. “Ekonomi tumbuh. BRI pun menunjukkan catatan kinerja yang baik,” ujar Bos Mahaka Group ini.

Erick menuturkan, perusahaan pelat merah sudah semestinya mampu menyeimbangkan sisi bisnis dan pelayanan publik. Dan, sekaligus menjadi katalisator bagi ekonomi rakyat. Kinerja BRI dapat menjadi contoh bagaimana BUMN Tanah Air mampu menjalankan peran itu. “Bisnisnya berhasil, pelayanan publiknya maksimal, sekaligus menjadi motor dalam mendorong tumbuhnya UMKM,” puji Erick.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.