Dewan Pers

Dark/Light Mode

Raket Merdeka Wanita DKI Siap Kawal Kerja Positif Erick

Jumat, 26 Nopember 2021 20:39 WIB
Deklarasi Relawan Raket Merdeka Wanita DKI Jakarta. (Foto: Istimewa)
Deklarasi Relawan Raket Merdeka Wanita DKI Jakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 25 aktivis perempuan dan milenial DKI Jakarta menyatakan siap mengawal segala kerja positif yang dilaksanakan Menteri BUMN Erick Thohir. Mereka melakukan hal itu dengan membentuk Relawan Kerja Erick Thohir Merdeka untuk Berdaulat alias Raket Merdeka, di Hotel Kutaraja, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/11).

Isi deklarasinya ada empat poin. Pertama, menjadi garda terdepan dalam mendukung kinerja Erick pada Kabinet Indonesia Maju. Kedua, menjadi relawan yang ikut mensosialisasikan program-program kerja Erick di tengah masyarakat di wilayah DKI Jakarta. Ketiga, menepis semua berita negatif yang beredar baik melalui media sosial maupun cerita yang berkembang di tengah masyarakat. Keempat, menyebarluaskan secara terstruktur, sistematis, dan masif tentang keberhasilan Erick selama menjadi Menteri BUMN.

“Raket Merdeka mengapresiasi dan mendukung terhadap terobosan-terobosan yang mematahkan tradisi-tradisi lama di Kementerian BUMN. Erick's effect benar-benar memberikan banyak kejutan di Kementerian BUMN,” ucap Ketua Raket Merdeka Perempuan DKI Jakarta Erwin Sulistyowati, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (26/11).

Berita Terkait : Kembangkan Startup Digital, Kominfo Siap Fasilitasi Sinergitas Ekosistem

Saat ini, lanjut dia, BUMN telah tumbuh menjadi mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain menyediakan faktor produksi, baik barang maupun jasa, BUMN pun menjelma sebagai agen pembangunan bangsa. BUMN tidak hanya membuka bisnis, menyediakan lapangan kerja, dan meraih keuntungan, tetapi juga memiliki tanggung jawab sosial tinggi.

“BUMN yang dikelola secara jujur, transparan, dan demi kemajuan bangsa itulah yang membuat Menteri BUMN Erick Thohir melakukan sejumlah langkah luar biasa dan tak terduga,” ucapnya.

Setelah dilanjut menjadi menteri, sambung Sulistyowati, Erick langsung membuat langkah-langkah strategis. “Sebuah shock therapy yang tidak pernah diprediksi sebelumnya oleh banyak kalangan, terutama mereka yang berkecimpung di BUMN, dilakukan Erick,” imbuhnya.

Berita Terkait : Teken MoU Dengan Kementan, Kapolri Siap Kawal Ketahanan Pangan Rakyat

Raket Merdeka mencatat ada sembilan gebrakan yang dilakukan Erick. Mulai dari pengangkatan dua wakil menteri, merestrukturisasi para pejabat di kementerian BUMN, mengangkat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) jadi Komisaris Utama Pertamina, mengangkat Chandra M Hamzah menjadi Komisaris Utama BTN, sampai mengenalkan subholding BUMN.

Raket Merdeka melihat, Erick juga punya komitmen kuat pada perempuan. Erick menargetkan perempuan menduduki 15 persen posisi Direksi BUMN pada 2021 dan meningkat menjadi 25 persen pada 2023. Lalu, PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar) membantu hampir 11 juta anggota, ibu-ibu preneur, yang efeknya juga hingga membuka lapangan kerja.

“PNM Mekaar Plus untuk perempuan dan ibu-ibu yang berusaha secara mandiri, memberikan bantuan dengan nilai yang lebih besar sekitar Rp 15 juta. Apabila pengembangan usahanya ada kemajuan, bantuan dari PNM Mekaar Plus bisa ditambah,” terangnya. [USU]