Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick: Alhamdulillah, Di Tengah Pandemi, Kinerja Positif Kementerian BUMN Bisa Ditingkatkan

Kamis, 30 Desember 2021 17:54 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (depan, kedua kiri) bersama jajaran petinggi BUMN. (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir (depan, kedua kiri) bersama jajaran petinggi BUMN. (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski harus menjadi bagian upaya pemerintah pusat dan daerah dalam menghadapi pandemi Covid-19, Kementerian BUMN (KBUMN) menyatakan program-program utama yang diinisiasi selama tahun 2021, berhasil dituntaskan dengan baik.

Pencapaian kinerja secara maksimal tersebut meliputi sisi keuangan, operasional, dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

Hal tersebut dinyatakan Menteri BUMN Erick Thohir dalam mengevaluasi kinerja setahun Kementerian BUMN di Jakarta, Kamis (30/12).

Baca juga : PKB: Presidential Threshold Diturunkan, Politik Identitas Bisa Dicegah

Selama tahun 2021, KBUMN berhasil meningkatkan laba bersih konsolidasi BUMN secara signifikan. Dari hanya sebesar Rp 13 triliun pada akhir tahun 2020, laba bersih konsolidasi hingga triwulan ketiga di tahun 2021 tembus Rp 61 triliun.

Menuju akhir tahun, laba konsolidasi yang dihasilkan diperkirakan lebih besar lagi.

"Atas nama seluruh pimpinan dan karyawan Kementerian serta para direksi perusahaan BUMN, kami bersyukur. Alhamdulillah, di akhir 2021 ini, saya bisa menyampaikan kabar baik kepada masyarakat dan bangsa Indonesia. Meski kita semua terus berjuang menghadapi disrupsi akibat pandemi, kinerja positif kementerian BUMN tetap bisa ditingkatkan. Kinerja keuangan, operasional, dan tanggung jawab sosial yang dilakukan mencatat hasil terbaik," papar Erick di Jakarta, Kamis (30/12).

Baca juga : Survei IPO: Di Bidang Ekonomi, Kinerja Kementerian BUMN Terbaik

Peningkatan kinerja keuangan juga diikuti keberhasilan beberapa program utama yang menjadi tonggak agenda transformasi dan inovasi BUMN. Antara lain, terbentuknya Bank Syariah Indonesia (BSI) yang merupakan penggabungan tiga Bank Syariah milik Himbara yakni Syariah Mandiri, BRI Syariah, dan BNI Syariah.

Dengan terbentuknya BSI, untuk pertama kalinya Indonesia memiliki Bank Syariah yang besar. Dengan total aset sekitar Rp 247 triliun, BSI menjadi bank nomor 7 terbesar di Indonesia, sekaligus menjadi bank syariah berperingkat 11 di dunia.

Hal ini jelas memperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, JARI Lanjutkan Pembangunan Berkelanjutan

Penggabungan lain di sektor ultra mikro yang dilakukan melalui merger BRI, Pegadaian, dan PNM juga menunjukkan komitmen KBUMN dalam mendorong pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan daerah.

Dengan memberikan kemudahan akses permodalan untuk sektor UMKM dan Ultra Mikro, tulang punggung ekonomi Indonesia tersebut diharapkan dapat naik kelas.

"Ini merupakan upaya nyata dari BUMN untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Penggabungan sektor ultra mikro ini mendapat respon sangat bagus di market," ujar Erick.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.