Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

UMKM Indonesia Tarik Minat Pengunjung Dubai Expo

Minggu, 13 Maret 2022 21:52 WIB
Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai (Foto: Istimewa)
Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Eksistensi produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia kian merambah global. Selain produknya yang semakin berkualitas dan diminati mancanegara, juga karena didukung pemasaran yang gencar oleh berbagai pihak. Kualitas dan pemasaran yang proaktif ini antara lain direpresentasikan oleh partisipasi 72 UMKM binaan Bank Indonesia (BI), termasuk anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA), pada acara "Bank Indonesia Special Week", di Paviliun Indonesia dalam Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pameran internasional yang diselenggarakan 5 tahun sekali.

Kegiatan ini juga merupakan kerja sama antara Bl dengan Kemenko Perekonomian, Pemprov DKI Jakarta, dan industri. Mengusung semboyan “Indonesia: Archipelago of Opportunities, Showcasing UMKM”, kegiatan ini diselenggarakan selama tujuh dari, dari 11 hingga 17 Maret 2022. Kegiatan ini merupakan bagian dari side event Presidensi G20 2022 yang menekankan pentingnya peran UMKM sebagai salah satu agenda finance track G20 dalam semangat Recover Together, Recover Stronger.

Baca juga : Indonesia Investasikan Rp 71 M Dukungan Pembiayaan Penanganan Pandemi CEPI

Keramaian stand di Paviliun Indonesia tidak terlepas dari ragam produk UMKM unggulan yang meliputi perhiasan, busana termasuk aksesoris, tekstil dan pakaian jadi, produk perawatan tubuh, pernak-pernik rumah tangga, makanan dan minuman, dan lainnya. Pengenalan produk UMKM pada Expo 2020 Dubai telah dimulai sejak November 2021 melalui proses kurasi yang cukup ketat. 

Kualitas kurasi tersebut dibuktikan dengan permintaan tindak lanjut bisnis yang terus mengalir dari pembeli potensial luar negeri. Minat pembeli ini akan direspons dengan Business Matching UMKM sebagai wadah pertemuan dan sales pitch pembeli potensial dari mancanegara.

Baca juga : Malam Ini Bali United Vs Persiraja, Spaso Kejar Top Skor

Momentum World Expo 2020 Dubai, serta branding Dubai sebagai pemain global di dunia fesyen dan mode islami, juga menjadi sarana yang tepat untuk menghadirkan Fashion Show busana Muslim dengan tema "Indonesia Modest Fashion Day", Minggu Minggu (13/3). Fashion Show menghadirkan koleksi Muslim/modest fesyen para desainer Indonesia yang berkolaborasi dengan UEA melalui penggunaan kain wastra.

Selain itu, BI Special Week juga menyelenggarakan rangkaian Business Forum yang digelar dari Senin (14/3) sampai Kamis (17/3). Acara ini mengangkat beragam topik. Antara lain, diseminasi informasi potensi Indonesia dalam industri halal global, digitalisasi sistem pembayaran untuk ekonomi inklusif, dan upaya memperkuat UMKM dalam rantai pasok global. 

Baca juga : Dihajar Persib, Gilang Langsung Evaluasi Performa Singo Edan

Tak ketinggalan, hadir pula Coffee Cupping yang akan digelar pada Kamis (17/3). Acara ini akan memperkenalkan cita rasa kopi asli Indonesia ke para pengunjung, sehingga seluruh acara tersebut akan menjadi magnet bagi para calon pembeli dari berbagai belahan dunia. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.