Dark/Light Mode

Kelar Dibangun 3 Juli

Kapasitas Runway Soekarno-Hatta Nambah 50 Persen

Sabtu, 22 Juni 2019 08:01 WIB
Jokowi meninjau pembangunan  runway 3 Bandara Soetta Banten.
Jokowi meninjau pembangunan runway 3 Bandara Soetta Banten.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan infrastruktur terus dikebut. Seperti pembangunan runway 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang. Runway ini akan dioperasikan pada Juli 2019. 

“Kita harapkan akhir bulan ini sudah seratus persen dan langsung dirasionalkan secepat-cepatnya, mungkin Juli sudah dioperasionalkan,” kata Presiden Jokowi saat meninjau Runway 3 Bandara Soetta, kemarin. 

Baca juga : Bandara Soekarno Hatta Jadi Merek Termahal Di Indonesia

Presiden hadir di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB. Memakai kemeja putih lengan panjang, Jokowi ditemani Mensesneg Pratikno dan Direktur Utama PT Angkasa Pura ll (Persero) Muhammad Awaluddin. Pembangunan runway 3 Bandara Soetta telah mencapai 86 persen. Jokowi berharap, runway tambahan yang dibangun dapat meningkatkan kapasitas penerbangan hingga 120 penerbangan per jam. 

Saat ini, kata Jokowi, pergerakan pesawat di Soetta hanya 81-83 penerbangan per jam. Jokowi mengatakan, pembangunan runway bandara ini menambah kapasitas pergerakan penerbangan hingga 50 persen atau 120 pergerakan per jam. Runway 3 yang dibangun tersebut, berukuran 3.000 x 60 meter persegi dan paralel taxiway. 

Baca juga : Mei, Inflasi Jakarta 0,59 Persen

Selain pembangunan runway, Angkasa Pura II juga merencanakan pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta. Jokowi menambahkan, terminal 4 akan mulai dibangun tahun 2021. Diperkirakan, pembangunan akan memakan waktu sekitar 3 tahun. Ditargetkan selesai tahun 2024 dan dapat menampung lebih dari 100 juta penumpang per tahunnya. 

“Nantinya kita harapkan di sini bisa menampung 110 juta penumpang dengan plus terminal keempat. Infrastruktur harus mendahului dari pertumbuhan yang ada,” tuturnya. 
Proyek runway 3 Bandara Soetta menghabiskan dana sebesar Rp 6 triliun. Pembangunan fisik mencapai Rp 2 triliun, sementara dana pembebasan lahan mencapai Rp 4 triliun. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.