Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mantap, Ketepatan Waktu Penerbangan di Bandara Soetta Tembus 93,8 Persen

Minggu, 7 April 2019 11:21 WIB
Terminal 3 Bandara Soetta, kini semakin memanjakan para traveler dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan seperti area bermain anak, pojok baca, co working space, dan sebagainya. (Foto: Humas AP II)
Terminal 3 Bandara Soetta, kini semakin memanjakan para traveler dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan seperti area bermain anak, pojok baca, co working space, dan sebagainya. (Foto: Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mencatatkan tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) jadwal keberangkatan pesawat sebesar 93,8 persen pada Februari 2019.

Tingkat OTP yang menggembirakan ini diperoleh dari hasil riset lembaga independen yang diakui industri penerbangan global, OAG. Hasil OTP yang tinggi itu membuat Soekarno-Hatta berada di Top 25 bandara dengan OTP terbaik.

OAG juga mencatat, di antara Top 100 bandara dengan OTP terbaik, jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta merupakan yang paling banyak kedua di Februari 2019, dengan 16.093 penerbangan.

Baca juga : BMKG Hadirkan Sistem AWOS Karya Generasi Milenial

Bandara dengan penerbangan paling banyak pertama adalah Changi di Singapura, dengan  16.393 penerbangan. Namun, tingkat OTP -nya masih 90,4 persen atau masih di bawah Soekarno-Hatta.

OAG merupakan perusahaan terkemuka dunia berbasis di Inggris, yang menyediakan informasi penerbangan digital, intelijen dan analitik untuk bandara, maskapai penerbangan, dan perusahaan teknologi perjalanan.

Terkait hal ini, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, kinerja positif ini berdampak pada peningkatan pelayanan kepada penumpang pesawat. Dia menuturkan, operasional di bandara yang terintegrasi dan didukung sistem teknologi informasi, mampu membuat Soekarno-Hatta beroperasi secara efektif.

Baca juga : Jokowi Resmikan 3 KEK di Indonesia Timur

“Sejak 2017, Soekarno-Hatta memiliki pos komando terintegrasi yang disebut dengan Airport Operation Control Center atau AOCC. Ini adalah hasil kolaborasi dari Airport Operator, Airline Operator, Air Navigation, dan sejumlah otoritas seperti Karantina, Bea Cukai, Imigrasi, Kepolisian, dan lain sebagainya," kata Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/4).

“Seluruh operasional, baik sisi udara ataupun sisi darat, dipantau dari AOCC untuk menghasilkan kinerja yang efektif. Hasilnya, terbukti sangat membanggakan. OTP Soekarno-Hatta tembus hampir 94%,” sambungnya.

AOCC dilengkapi berbagai modul seperti Airport Operation Database (AODB), Airport Management System (AMS), Resources Management System (RMS), Network Management System (NMS), Airport Security System (ASS), dan Facility Engineering Management System (FEMS).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.