Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moeldoko Ajak UMKM Genjot Inovasi Agar Bersaing Di Pasar Global

Sabtu, 19 Maret 2022 10:35 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko bertemu pelaku UMKM Bali. (Foto: KSP)
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko bertemu pelaku UMKM Bali. (Foto: KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengajak, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk membuat lompatan dan melakukan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Menurutnya, kerja keras tersebut dibutuhkan agar bisa berkompetisi di pasar global di tengah ketidakpastian ekonomi dunia. 

"Jangan berpikir flat (datar) nanti ketinggalan. Pandemi Covid-19 sudah memberikan pelajaran bagi kita untuk melakukan inovasi dan tidak hanya mengandalkan pada satu komoditi saja," tegas Moeldoko, saat bertemu pelaku UMKM Bali, di Gianyar, Sabtu (19/3). 

Mengutip data Bank Indonesia (BI) Bali, Moeldoko mengungkapkan, 87,5 persen UMKM di Bali terdampak krisis akibat pandemi Covid-19. Sementara 12,5 persen mampu bertahan dan beradaptasi, bahkan berkembang. 

Baca juga : Menguasai Bahasa Asing, Kunci Persaingan Di Era Globalisasi

Masih terkait data tersebut, dia menyebut, UMKM yang bertahan di masa pandemi, karena menggunakan pemasaran secara digital dan melakukan penambahan produk. "Ini yang saya maksud dengan melakukan lompatan," kata Moeldoko. 

Moeldoko menegaskan, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk pemberdayaan UMKM, termasuk mendorong ekosistem digital guna meningkatkan akses pasar. 

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI 2013-2015 ini juga membeberkan kondisi ekonomi global, di mana terjadi kenaikan harga barang dan biaya logistik akibat kelangkaan kontainer dan space untuk shipment. 

Baca juga : Perkuat Transformasi Digital, Menkominfo Siap Bikin BBPPT Berstandar Global

Menghadapi kondisi tersebut, Moeldoko memastikan pemerintah tidak tinggal diam. Ia mencontohkan soal kelangkaan kontainer dan space untuk shipment. Ia bilang, Kantor Staf Presiden sudah mengumpulkan kementerian/lembaga dan seluruh pihak terkait untuk menemukan solusi atas permasalahan tersebut. 

"Kami sudah rapat, untuk kontainer masih bisa ditangani. Tapi untuk shipment-nya sulit karena memang berkaitan dengan kebijakan berbagai negara. Situasi ini tidak gampang. Mohon dipahami. Sebab ini berkaitan dengan kondisi global," ucap Moeldoko. 

"Saya harap teman-teman UMKM di sini (Bali) jangan putus semangatnya," pungkasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.