Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Tegaskan Komitmen Jaga Kedaulatan Energi

Minggu, 20 Maret 2022 06:20 WIB
Di usia ke-19, FSPPB menyerahkan bantuan ke Pondok Pesantren Darul Mutiah di wilayah Ciledug Tangerang Selatan. (IST)
Di usia ke-19, FSPPB menyerahkan bantuan ke Pondok Pesantren Darul Mutiah di wilayah Ciledug Tangerang Selatan. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB), wadah bagi para pekerja Pertamina grup yang menjadi anggota Serikat Pekerja PT Pertamina (Persero), menegaskan komitmennya untuk menjaga kedaulatan energi demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Di usia FSPPB Ke-19 ini, FSPPB tetap semangat dan hadir menjaga kedaulatan energi Nasional demi kesejahteraan rakyat Indonesia," tutur Presiden FSPPB 2021 - 2024 Arie Gumilar kepada media, di Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Arie Gumilar menyampaikan bahwa kedaulatan energi menjadi salah satu bagian kedaulatan dari sebuah negara.

Ia menekankan, suatu negara berdaulat paling tidak memiliki tiga kedaulatan, yaitu kedaulatan pangan, kedaulatan ekonomi, dan kedaulatan energi.

Baca juga : RI-Singapura Eratkan Kerja Sama Di Bidang Pariwisata Dan Transisi Energi

Apa yang FSPPB perjuangkan selama ini kata dia, sesuai amanat Undang-undang Dasar 1945 Pasal 33, yaitu cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hidup orang banyak, mutlak dikuasai oleh negara.

"Apalagi yang datangnya dari sumber kekayaan alam yang ada di Indonesia harus digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” ujar Arie.

Arie mengatakan, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan potensial di bidang energi. Tidak hanya fosil seperti minyak bumi, batubara, tetapi juga energi baru terbarukan yang potensinya sangat besar.

“Ada 482 Gigawatt (GW) potensi energi terbarukan di negeri ini. Belum termasuk energi baru dari uranium, plutonium, dan torium, yang baru-baru ini ditemukan. Ini mutlak harus dikuasai oleh negara,” katanya.

Baca juga : Terbukti Bermanfaat, KSP Ajak Pekerja Rentan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Arie menambahkan, sejak 2009 Pertamina sudah mempersiapkan diri menjadi perusahaan energi. Energi harus berdaulat. Oleh karenanya, Pertamina tidak akan terganggu dengan hadirnya energi baru terbarukan.

Pertamina dapat bertransformasi menjadi perusahaan yang menyediakan energi baru terbarukan di masa mendatang.

Arie menekankan bahwa FSPPB akan bersinergitas dengan perusahaan, karena merupakan bagian yang sangat penting dari hubungan industrial.

“FSPPB tetap komitmen memajukan perusahaan,” ujarnya.

Baca juga : Direksi Kilang Pertamina International Dirombak, Taufik Aditiyawarman Jadi Dirut

Ia berharap, Pertamina menjadi perusahaan energi kelas dunia yang menjadi kebanggaan Indonesia dan memberikan kemakmuran bagi seluruh rakyat.

“Memanfaatkan momentum hari ulang tahun ini mudah-mudahan para pengurus dan seluruh pekerja Pertamina di manapun berada tetap menjaga kekompakan di kepengurusan, solid dengan jiwa korsa berjuang bersama- sama. Semoga kita semua tetap semangat untuk menghadirkan energi untuk negeri,” kata Arie Gumilar.

Untuk diketahui, Di usia ke-19 ini, FSPPB juga menyerahkan bantuan ke Pondok Pesantren Darul Muti’ah di wilayah Ciledug Tangerang Selatan.

Bantuan dana dari insan pekerja FSPPB diterima langsung oleh pengasuh Pondok H. Abdus Syakur. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.