Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rasakan Internet 5G Di Bandara Soekarno-Hatta, Begini Kata Traveler

Minggu, 20 Maret 2022 17:58 WIB
Kecepatan jaringan 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. AP II)
Kecepatan jaringan 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu lokasi paling awal di Indonesia yang dapat menyediakan akses jaringan Telkomsel 5G. Jaringan Telkomsel 5G tersebut saat ini terdapat di sejumlah titik di Terminal 3 dan secara bertahap jangkauannya akan diperluas.

“Tentunya ini memberikan digital experience terbaik bagi traveler, pengunjung bandara, maupun para staf di bandara. Ini sejalan dengan transformasi digital yang dijalankan AP II (PT Angkasa Pura II) sejak 2016, yang bandara-bandara perseroan harus secara berkelanjutan mengembangkan infrastruktur digital dalam memberikan pelayanan,” jelas President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dalam keterangan yang diterima RM.id, Minggu (20/3).

Pada tahap awal, AP II dan Telkomsel mengembangkan kolaborasi berbasis teknologi 5G yang antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner, dan 5G Solution di Bandara Soekarno-Hatta. Muhammad Awaluddin mengatakan, keberadaan 5G dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para traveler ketika berada di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga : Manfaatkan Bantuan Alsin Kementan, Petani Kalbar Sukses Naik Kelas

“Teknologi 5G membuat koneksi data lebih cepat hingga 20 kali lipat dibandingkan dengan 4G, sehingga memberikan pengalaman baru ketika kita ingin mengunduh sesuatu atau menonton streaming video. Di samping itu teknologi 5G juga memungkinkan untuk penggunaan Augmented Reality dan VIrtual Reality dengan lancar dan baik,” jelas Muhammad Awaluddin.

Keberadaan jaringan Telkomsel 5G di Terminal 3 juga mendapat respons positif dari traveler maupun staf bandara. Tokoh telekomunikasi Indonesia yang juga pendiri IndoTelko Forum, Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) dan Indonesia Digital Society Forum (IDSF), Doni Ismanto Darwin, mengatakan bahwa kehadiran akses 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sangat membantu aktivitas traveler. Baginya, akses 5G sangat membantu menyelesaikan pekerjaan sembari menunggu keberangkatan penerbangan.

Surprised ketika akan berangkat ke Lombok pada Kamis, 17 Maret lalu, ketika menuju Boarding Gate 11 melihat ponsel sinyal bar berubah menjadi 5G dari biasanya 4G. Seperti biasa saya selalu memilih tempat favorit di depan jendela sembari melihat pesawat yang sedang parkir. Ketika langsung mencoba layanan 5G di gate 11 yang sangat joss, tidak ada lag untuk streaming video maupun untuk download data pekerjaan,” ujarnya.

Baca juga : Staf Bandara Soekarno-Hatta Dapat Apresiasi Rombongan MotoGP

Doni melanjutkan, jaringan 5G itu sangat membantu dirinya, yang biasanya memanfaatkan waktu menunggu keberangkatan sembari menyelesaikan pekerjaan. “Kehadiran 5G di Soetta benar-benar menjadi simbolisasi transformasi digital oleh Angkasa Pura II,” ujarnya.

Wawan, salah seorang penumpang pesawat rute internasional yang tengah menunggu keberangkatan, dan sempat merasakan akses Telkomsel 5G di Airport Digital Lounge Terminal 3 mengatakan kehadiran 5G, memberikan nilai tambah bagi penumpang pesawat. “Untuk 5G ini sangat mendukung, download semakin cepat daripada 4G. Untuk resolusi video dari Youtube dan sebagainya, untuk kualitas (video) paling tinggi itu sangat mendukung, sangat jernih (kualitas video),” ujarnya.

Sementara itu, Bagas, salah seorang pekerja di Terminal 3, menuturkan bahwa kecepatan 5G dapat mendukung berbagai aktivitas. “Perbedannya, pasti kecepatan 5G lebih cepat dibandingkan dengan 4G.”

Baca juga : RI-Singapura Eratkan Kerja Sama Di Bidang Pariwisata Dan Transisi Energi

Saat dilakukan speed test, kecepatan Telkomsel 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dapat tembus kecepatan download hingga 237 Mbps atau lebih cepat berkali-kali lipat dari 4G yang sekitar 16 Mbps. Penerapan infrastruktur teknologi jaringan 5G di Bandara Soekarno-Hatta juga telah mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, terutama dalam pemanfaatan frekuensi jaringan telekomunikasi yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan untuk operasional bandara dan penerbangan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.