Dark/Light Mode

Ribuan Demonstran Di Dunia Desak Rusia Stop Serang Ukraina

Putin Dikatain Mirip Hitler

Sabtu, 26 Februari 2022 08:10 WIB
Massa memprotes serangan Rusia di Ukraina, di Times Square, New York City, Amerika Serikat, Kamis, 24 Februari 2022. (Foto: Reuters /Jeenah Moon).
Massa memprotes serangan Rusia di Ukraina, di Times Square, New York City, Amerika Serikat, Kamis, 24 Februari 2022. (Foto: Reuters /Jeenah Moon).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan orang dari berbagai negara turun ke jalan memprotes serangan pasukan Rusia ke Ukraina. Mereka mendesak Presiden Vladimir Putin menghentikan serangan tentaranya ke negara tetangganya tersebut.

Diberitakan AFP, Jumat (25/2), ratusan orang berkumpul dengan membawa bendera Ukraina di Gerbang Brandenburg di Berlin, Jerman. Ini malam kedua di Jerman, warga melakukan protes kepada Putin.

Ribuan orang juga berunjuk rasa di Lapangan Wenceslas, Praha, Ceko. Selanjutnya massa berjalan menuju Kedutaan Besar Rusia di sana. Para demonstran membawa poster besar yang menampilkan Adolf Hitler dan Putin dan tagline 1938-2022. Periode itu mengacu pada tahun pendudukan Nazi Jerman di Cekoslowakia.

Baca juga : Pertamina Pastikan Pasokan BBM Dan LPG Aman

Sementara itu, di Paris, Prancis, ratusan orang berkumpul di luar Kedutaan Besar Rusia. Para pengunjuk rasa meneriakkan “Hentikan Putin, hentikan perang” dan membawa plakat dengan slogan-slogan. “Tidak ada perang” dan “Putin Ukraina 2022, Hitler Polandia 1939”.

Di New York, Amerika Serikat (AS), sekitar 200 pengunjuk rasa berbaris dari Times Square dekat Kantor PBB-Rusia.

Di Madrid, Spanyol, 50 orang berkumpul di luar Kedutaan Besar Rusia. Seorang perwakilan demonstran mengatakan, serangan itu tidak masuk akal, kejam dan rakus.

Baca juga : Perang Rusia-Ukraina Bikin Harga Minyak Meroket

Di London, Inggris, beberapa ratus pengunjuk rasa yang sebagian besar berasal dari Ukraina berunjuk rasa di luar kediaman resmi Perdana Menteri Inggris, Downing Street Nomor 10.

Kerumunan meneriakkan, “Bangun, Rusia, bangun!” Beberapa lainnya memegang lilin kecil.

Sekitar 150 orang berdemonstrasi di Stockholm, Swedia, di luar Kedutaan Besar Rusia. Mereka mengibarkan bendera Ukraina dan memegang spanduk bertuliskan “Ukraina, solidaritas!”, “Hentikan agresi Rusia” dan “Hentikan maniak berdarah”.

Baca juga : PM Pakistan Kunjungin Putin Saat Rusia Serang Ukraina

Di Belanda, sekitar 100 pengunjuk rasa pro-Ukraina berkumpul di depan kedutaan Besar Rusia di Den Haag. Menurut laporan penyiaran publik Belanda, NOS, jumlah yang sama berdemonstrasi di Dam Square Amsterdam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.