Dark/Light Mode

Buka Lagi Pasca Renovasi Besar

Sarinah Jadi Pusat UMKM Lokal Dan Kongkow Milenial

Selasa, 22 Maret 2022 07:30 WIB
Inilah wajah baru Gedung pusat perbelanjaan legendaris, Sarinah, pasca renovasi, kemarin. Pusat perbelanjaan tertua di Indonesia yang terletak di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat itu, mulai dibuka untuk umum Senin, 21 Maret 2022. 
Sarinah akan lebih banyak menjual produk Usaha Kecil, Mikro, Menengah (UMKM) dari seluruh Tanah Air. (Foto: DWI PAMBUDO/RAKYAT MERDEKA).
Inilah wajah baru Gedung pusat perbelanjaan legendaris, Sarinah, pasca renovasi, kemarin. Pusat perbelanjaan tertua di Indonesia yang terletak di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat itu, mulai dibuka untuk umum Senin, 21 Maret 2022. Sarinah akan lebih banyak menjual produk Usaha Kecil, Mikro, Menengah (UMKM) dari seluruh Tanah Air. (Foto: DWI PAMBUDO/RAKYAT MERDEKA).

 Sebelumnya 
Erick menyebut, perusahaan yang bergerak di bidang travel ritel itu memiliki lebih dari 2.400 gerai di 420 lokasi yang tersebar di sejumlah negara. Dengan kemitraan Sarinah dan Dufry, dipastikan pemasaran produk lokal akan diperdagangkan di secara luas di dunia.

Sarinah juga menjadi department store pertama di Indonesia. Gedungnya yang baru saja diresmikan menjadi ruang publik dengan konsep community mall.

“Kami membangun kembali warisannya untuk meningkatkan bisnis dan memberdayakan ekosistem yang kuat untuk produk lokal, dan industri lalu lintas di Indonesia. Dan ini hanyalah awal dari kelahiran kembali Sarinah,” ujar Erick.

Baca juga : Gubernur Arinal Djunaidi Di Puncak Elektabilitas

Saat kembali dibuka, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo langsung mengecek lokasi. Pria yang akrab disapa Tiko itu, tiba di lokasi pukul 11.48 WIB dan langsung didampingi Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati. Tiko beserta rombongan kemudian berkeliling Sarinah.

Beberapa UMKM yang dikunjungi Tiko antara lain pelaku UMKM batik, kayu jati, makanan, dan senjata tradisional khas Indonesia seperti keris. Tiko juga meninjau relief peninggalan Soekarno di pusat perbelanjaan tertua itu.

Wadah UMKM

Baca juga : Menko PMK: Kampus UNS Harus Jadi Pusat Keunggulan Di Madiun

Terpisah, Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Dony Oskaria mengatakan, Sarinah berada dalam ekosistem holding pariwisata dan pendukung, akan akan menjadi operator ritel terbesar dan hub UMKM di Indonesia.

“Seluruh ritel BUMN ke depannya akan dioperasikan Sarinah. Artinya, kesempatan untuk bekerja sama tidak hanya secara fisik di mall Sarinah saja. Tapi juga bisa merambah ke bandara-bandara di Indonesia, mall-mall lain yang juga dikelola oleh BUMN,” ujar Dony di Jakarta, Senin (14/3).

Ia mengatakan, InJourney melalui Sarinah akan terus mendorong produk-produk baru dan membangkitkan brand-brand lokal Indonesia untuk terus berekspansi dan bersaing secara global.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.