Dark/Light Mode

Kinerja Triwulan I-2019

PLN Sukses Cetak Laba 4,2 Triliun

Senin, 24 Juni 2019 18:31 WIB
Kinerja PT PLN (Persero) sepanjang triwulan I-2019 cukup kinclong. PLN sukses membukukan laba bersih sebesar Rp 4,2 triliun. (Foto : Humas PLN)
Kinerja PT PLN (Persero) sepanjang triwulan I-2019 cukup kinclong. PLN sukses membukukan laba bersih sebesar Rp 4,2 triliun. (Foto : Humas PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja PT PLN (Persero) sepanjang triwulan I-2019 cukup kinclong. Perusahaan listrik pelat merah itu sukses membukukan laba bersih sebesar Rp 4,2 triliun. Laba ini hasil dari pertumbuhan penjualan, peningkatan kinerja operasi dan keuangan, serta efisiensi operasi.

Plt. Direktur Utama PLN Djoko R. Abumanan mengatakan, kinerja perusahaan sepanjang triwulan pertama lebih baik dibanding triwulan I tahun sebelumnya. Hal ini tercermin dari penjualan tenaga listrik yang meningkat sebesar Rp 3,8 triliun atau 6,11 persen.

Baca juga : Messi Tetap Jadi Tumpuan

Peningkatan ini ditopang oleh pertumbuhan pelanggan yang naik sebesar 3,8 juta pelanggan dengan daya terjual sebesar 3,04 Terra Watt hour (TWh) dari periode yang sama tahun lalu (year on year). "Kenaikan konsumsi listrik ini didominasi oleh pertumbuhan pelanggan sektor bisnis yaitu sebesar 6,76 persen atau 10.613 GWh (Giga Watt Hour)," kata Djoko dalam rilis di Jakarta, Senin (25/6/2019).

Selain pertumbuhan penjualan dan pelanggan, PLN juga berhasil meningkatkan kinerja operasi melalui penurunan biaya sewa pembangkit. Dengan beroperasi nya Gardu Induk (GI) khususnya di daerah Sumatera dan Kalimantan, PLN berhasil menghemat 667 Miliar rupiah dari efisiensi biaya sewa pembangkit.

Baca juga : Pertagas Raup Laba Rp 2,1 Triliun

"Selain dari biaya sewa, volume pemakaian BBM untuk pembangkit pun turun sebesar 98 ribu Kilo Liter (KL) dibandingkan pemakaian pada April 2018, harga rata-rata pun mengalami penurunan dari Rp. 11.058/liter menjadi Rp. 8.835/liter di Triwulan I 2019," sambung Djoko.

Disamping itu, perseroan juga berhasil menurunkan biaya pemeliharaan sebesar Rp 183 miliar. Djoko menyebut, membaiknya kinerja perusahaan juga ditopang oleh penguatan kurs mata uang rupiah dan penurunan harga ICP (Indonesian Crude Price).

Baca juga : Konsistensi Kebijakan BI Sukses Kendalikan Inflasi

"Peningkatan laba di triwulan I 2019 ini merupakan buah keringat para pegawai yang berhasil meningkatkan penjualan listrik, melakukan efisiensi di berbagai sektor, dan meningkatkan kinerja operasi sehingga selisih keuntungan sebelum pajak bisa meningkat hingga 10,6 triliun rupiah dari triwulan I tahun lalu." ungkapnya.

Djoko menyebut, PLN bakal terus melakukan efisiensi pada komponen biaya operasi yang berada dalam kendali perusahaan, sehingga kondisi keuangan tetap terjaga. Dampak positif ini merupakan hasil dari berbagai upaya efisiensi seperti pengurangan konsumsi BBM, pengurangan biaya sewa beberapa pembangkit, peningkatan efisiensi operasi pembangkit sehingga konsumsi energi per kWh PLTU Batubara dapat ditekan, serta melakukan zonasi untuk menghemat ongkos transportasi batubara. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.