Dark/Light Mode

Teten: Kemenkop UKM Optimistis Target Transformasi Digital UMKM Tercapai

Senin, 28 Maret 2022 14:58 WIB
Pesiden Jokowi (tengah) dan Menkop UKM Teten Masduki (kanan). (Foto: Istimewa)
Pesiden Jokowi (tengah) dan Menkop UKM Teten Masduki (kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) siap memenuhi target UMKM transformasi digital, Koperasi Modern berbasis digital hingga basis data tunggal UMKM, yang diamanatkan Presiden Jokowi bisa mencapai 20 juta UMKM Transformasi Digital dan 250 Koperasi Modern tahun ini.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat memberikan pengarahan dan pembukaan secara resmi dari Istana Negara secara virtual, yang juga didampingi Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, Senin (28/3)

Baca juga : Jokowi Targetkan Tahun Ini Transformasi Digital UMKM Tembus 20 Juta

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengaku optimistis, pemenuhan target atas terwujud tahun ini.

"Dengan pendekatan digital KUMKM, kami optimis, target yang diberikan Presiden Jokowi dapat tercapai, sehingga kita dapat mengoptimalkan potensi ekonomi digital Indonesia," ucap Teten.

Baca juga : KLHK Sukses Transformasi Digital Di Sektor Kehutanan

Ia menjelaskan, penyelenggaraan Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM memiliki empat poin substansi yang menjadi latar belakang krusialnya. Pertama, diisahkannya Perpres No.2 mengenai Pengembangan Kewirausahaan Nasional.

Kedua, menghadirkan UMKM Indonesia dalam ekosistem digital serta memaksimalkan potensi ekonomi yang tercipta. Ketiga, memunculkan para Pahlawan Digital, agregator/enabler/konsolidator dalam pemanfaatan teknologi digital bagi KUMKM dan keempat, pendataan lengkap KUMKM sebagai fundamental Basis Data Tunggal Koperasi dan UMKM.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.