Dark/Light Mode

Pandemi Melandai, Biotis Tetap Genjot Produksi Vaksin Zifivax

Kamis, 31 Maret 2022 11:01 WIB
PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia (Biotis) & PT Jakarta Biophramaceuticals Industry (JBio) mulai produksi vaksin Zifivax di dua pabriknya di Kawasan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor dan Kawasan Cikande, Kabupaten Serang. (Foto: Istimewa)
PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia (Biotis) & PT Jakarta Biophramaceuticals Industry (JBio) mulai produksi vaksin Zifivax di dua pabriknya di Kawasan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor dan Kawasan Cikande, Kabupaten Serang. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Produksi Perdana 1 April 2022

Menurut FX Sudirman, Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, realisasi kolaborasi ketiga perusahaan ditandai dengan tibanya pengiriman bahan baku bulk vaccine dari Anhui China di lokasi pabrik PT. Biotis pada hari Selasa, 29 Maret 2022, pukul 18.00 WIB.

Ini merupakan bulk vaccine kedua yang diterima Indonesia setelah Sinovac. Selain kedua vaksin tersebut, vaksin Covid-19 yang dipakai di Tanah Air didatangkan dalam bentuk jadi. Bulk vaccine ini selanjutnya akan segera diproses menjadi finished vaccine oleh putra-putri Indonesia di bawah supervisi dari Tim Anhui China, yang  sudah sekitar 1 bulan  berada di lokasi pabrik PT. Biotis.

Baca juga : Kepri Siap Jadi Hub Barat, Teten Genjot Ekspansi Produk Lokal

Tim Anhui China sangat serius membantu dan memperkuat pengetahuan dan ketrampilan para karayawan Biotis-JBIO melalui transfer technology sekaligus melakukan due diligence terhadap kelayakan mesin dan peralatan yang akan digunakan untuk produksi fill and finished vaksin Zifivax di pabrik PT. Biotis.

Adapun rencana produksi Vaksin Zifivax akan dimulai pada hari Jumat, 1 April 2022. PT JBio tetap serius dan berkomitmen untuk melakukan pengembangan produksi vaksin Covid-19 meskipun pandemi telah berangsur-angsur mengarah pada endemi.

Selain karena proses investasi telah dijalankan juga adanya pertimbangan perlunya cadangan stok di dalam negeri apabila terjadi lagi peningkatan serangan Covid-19.

Baca juga : Apical Group Dan Tanoto Genjot Vaksinasi Anak Di Medan

"Produksi Zifivax kami tujukan untuk masyarakat yang belum mendapatkan suntikan booster dan menginginkan diberikan vaksin booster dengan jenis vaksin yang halal dan bersih," ujar Chairuddin, Direktur Pemasaran JBio.

Menurut Chairuddin, pemerintah perlu menyediakan vaksin berkualitas dan halal untuk kebutuhan masyarakat muslim di Indonesia. Vaksin Zifivax merupakan salah satu jawaban bagi Pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan, dalam memenuhi tuntutan berbagai elemen masyarakat.

Pihaknya sangat mendukung pemerintah dalam melayani kebutuhan masyarakat akan vaksin berkualitas, halal dan bersih di Indonesia. Namun di sisi lain, sebagai pendatang baru, pihaknya sangat membutuhkan jaminan dan kepastian dari Pemerintah dalam hal pembelian produk jadi yang kami hasilkan dan berbagai insentif kemudahan investasi.

Baca juga : Warga Ibu Kota Serbu Sentra Vaksin Booster

"Sehingga gairah berinvestasi di dalam negeri dalam sektor farmasi dan vaksin semakin meningkat karena adanya dukungan dan berbagai jaminan dari pemerintah," tutur Chairuddin. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.