Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Covid Melandai, Wagub Riza Ingatkan Warga Tetap Patuhi Prokes

Jumat, 11 Maret 2022 18:09 WIB
Wagub DKI, Ahmad Riza Patria
Wagub DKI, Ahmad Riza Patria

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski penyebaran Covid-19 terus melandai, Pemprov DKI meminta warga Jakarta tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) walaupun beberapa aktivitas atau kegiatan masyarakat sudah dilakukan pelonggaran 

"Memasuki proses dari pandemi ke endemi, tapi kami minta masyarakat tetap melaksanakan prokes dengan baik termasuk menggunakan masker," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Jumat (11/3).

Kini, status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jakarta turun, Level 2. Menyesuaikan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) 15 tahun 2022 tentang PPKM, Pemprov DKI pun melakukan sejumlah pelonggaran aktivitas masyarakat.

Baca juga : Covid Terus Turun, DPR Minta Pemerintah Susun Prokes Baru

Gubernur DKI, Anies Baswedan kemudian menerbitkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 191 tahun 2022 yang mengatur sejumlah pelonggaran aktivitas masyarakat. Di antaranya, kapasitas transportasi baik angkutan umum dan online sudah 100 persen. Kapasitas pengunjung mal di Jakarta naik menjadi 75 persen.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan pemerintah tengah menyiapkan skenario transisi pandemi ke endemi.

Penyiapan skenario tersebut merespons kian terkendalinya kasus Covid-19, termasuk mencermati kebijakan beberapa negara yang mulai melonggarkan pandemi menuju endemi, seperti Inggris, Denmark, Singapura.

Baca juga : Ekonomi Melandai, Laba Bank DKI Tumbuh 25,27 Persen Di 2021

"Usulan konsep, kriteria, dan indikator pandemi ke endemi dari waktu ke waktu, masih akan terus disempurnakan dengan para pakar dan ahli di bidangnya," kata Luhut saat konferensi pers evaluasi PPKM di Jakarta.

Transisi dari pandemi ke endemi, kata Luhut, harus memenuhi target vaksinasi lengkap termasuk dosis ketiga atau booster, terutama bagi warga lanjut usia (lansia).

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengingatkan, Pemerintah agar tak terburu-buru melonggarkan kebijakan di masa transisi pandemi menuju endemi ini.Sebab, kata dia, sejumlah negara yang mulai membuka perbatasan, menghapus karantina maupum tes PCR, serta melepas masker, kasus mingguannya melonjak.Misalnya, kasus di Belanda (80 persen), Inggris (53 persen), serta Swiss (47 persen). 

Baca juga : Rakor TKPK, Wagub Riza Bahas Data Kemiskinan Di Jakarta

"Ini warning bagi kita agar perlahan saja menuju endemi. Jangan buru-buru longgarkan semua," tulis Zubairi ei akun twitternya miliknya, Kamis (10/3). [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.