Dark/Light Mode

Perkuat Kemajuan Industri Keuangan, APEI Dan Ajaib Gelar Turnamen Golf

Kamis, 31 Maret 2022 14:40 WIB
Foto: Dok Ajaib
Foto: Dok Ajaib

 Sebelumnya 
Perluasan literasi keuangan menjadi salah satu kunci dalam memajukan bangsa. Inklusi keuangan yang baik pun mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, upaya peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia perlu dilakukan secara lebih sistematis, terstruktur, dan terkoordinasi.

Baca juga : Percepat Pemulihan Pariwisata Indonesia, Garuda-BNI Gelar GOTF 2022

Sebagai catatan, Otoritas Jasa Keuangan memperkirakan penghimpunan dana di pasar modal Indonesia akan meningkat di kisaran Rp 125 triliun sampai Rp 175 triliun. Sedangkan kapitalisasi pasar telah mencapai Rp 8.252 triliun pada 30 Desember 2021.

Baca juga : Kemenperin Minta Industri Jalankan Kewajiban Penyediaan Migor Curah

Angka ini merupakan yang terbaik kedua di ASEAN setelah Thailand. Di sisi lain, investor di pasar modal juga melonjak cukup signifikan menjadi 7,5 juta pada akhir 2021 atau naik 93 persen dibanding tahun 2020, dimana lebih dari 80 persen adalah investor milenial.

Baca juga : Mengulik Masa Depan Industri dan Pengalaman Konsumen di Era Digital

Penghimpunan dana di pasar modal turut meningkat sampai Rp 363,3 triliun atau naik 206 persen dari 2020 silam dan menjadi yang terbaik di kawasan Asia Pasifik. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.