Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU
Mengulik Masa Depan Industri dan Pengalaman Konsumen di Era Digital
Rabu, 30 Maret 2022 18:45 WIB
RM.id Rakyat Merdeka - Di era digital saat ini hampir semua aktifitas melalui ponsel pintar. Lalu bagaimana dengan perkembangan masa depan industri hingga pengalaman konsumen di era digital untuk bidang makanan, game, hiburan, fintech, transportasi hingga pariwisata. Apakah nantinya industri di era digital ini akan semakin cerah atau justru tenggalam. Contoh saja, ada perusahaan yang kesulitan untuk memasarkan produk-produknya.
Menanggapi hal tersebut Senior Brand Manager Enesis Group Tegar Baskoro mengatakan digital ekosistem membuat Enesis Group mampu memetakan target pemasaran produknya. “Saat ada pandemi Covid-19, kami melakukan pemetaan untuk produk Antis mulai dari media massa, media sosial dan sejumlah platform,” ujar Baskoro dalam Webinar Selular Congress hari kedua, Rabu (30/3).
Baca juga : Antusias Penggemar Tinggi, Konser Justin Bieber Jadi Dua Hari
Baskoro menambahkan Enesis Group juga berkolaborasi dengan pemerintahan bahkan creators hingga tim kesehatan. “Misal kita membidik anak muda maka kita masuk ke turnamen E-Sports seperti Piala Presiden. Bahkan kami juga hadir di MotoGP mulai dari hotel hingga sirkuit produk Antis selalu ada,” sambung Tegar.
Hal senada juga Country Head Garena, Hans Kurniadi Saleh yang menyebut Garena yang sebelumnya hanya berkancah di game komputer atau PC kini ke game mobile. “Kami juga sering menggelar turnamen esport untuk lebih mendukung perkembangan transformasi digital khusunya dunia game,” ungkap Hans Kurniadi Saleh.
Baca juga : Diakusisi Mynavi, Sribu Perkuat Jasa Branding Dan Pemasaran Digital
Hans Kurniadi Saleh juga menyebut perkembangan game di Indonesia bertumbuh sangat pesat. Bahkan banyak sekali kolaborasi dari Garena ke publik bahkan hingga pemerintahan. Misalnya dengan menyelenggarakan turnamen E-Sports seperti Free Fire. “Untuk semakin menarik dan beradaptasi dengan industri yang berkembang maka kita juga menggandeng sejumlah tokoh seperti Joe Taslim yang jadi karakter di game Free Fire hingga Cristiano Ronaldo. Kami juga berencana untuk menggandeng BTS,” jelasnya.
Sementara itu, Director & Chief Strategy & Execution Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Armand Hermawan menuturkan hamper seluruh masyarakat Indonesia sudah terhubung dengan mobile konetivitas bahkan internet. “Hal ini tentu menjadi peluang bagi perusahaan di dunia hiburan, game dan lainnya untuk bertransformasi ke dunia digital,” ujarnya.
Baca juga : Jalan Paman Sam Dihadang Kosta Rika
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menjadi keynote speech di acara Webinar Selular Congress 2022 ini menyebut strategi digitalisasi makin cepat saat pandemic Covid-19. “Saat ini pembayaran alat transportasi juga sudah memasuki sistem digital,” ujarnya.
Adanya sistem digitalisasi ini, Budi Karya menyebut jika sistem pelayanan ke masyarakat menjadi lebih efisiensi dan transparan. “Karena lebih efisiensi dan transparan melalui proses digital ini semakin memberikan pelayanan yang maksimal,” pungkasnya. [ARM]
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya