Dark/Light Mode

Naik Transportasi Umum Ke Cikarang

Menhub Optimis Produktivitas Warga Jabebeka Terdongkrak

Sabtu, 2 April 2022 10:00 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (kedua dari kiri) bersama Menkeu Sri Mulyani saat menaiki KRL ke Stasiun Cikarang. (Foto: Ist)
Menhub Budi Karya Sumadi (kedua dari kiri) bersama Menkeu Sri Mulyani saat menaiki KRL ke Stasiun Cikarang. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Direktur PT Jababeka Tbk, Sutedja Sidarta Darmono sebagai pengembang kota mandiri yang ada di Kawasan Kota Jababeka, berterima kasih sekaligus apresiasi atas upaya Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kemenhub-Dirjen Perkeretaapian, dan DAMRI yang telah bersinergi dalam mengoptimalkan angkatan massal yang ada di Cikarang.

Pihaknya berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya agar minat masyarakat menggunakan angkutan umum semakin meningkat.

"Kehadiran integrasi antar moda Stasiun Cikarang dari KRL dengan shuttle bus DAMRI ini akan membantu masyarakat dari dan menuju Kota Jababeka," terang Sutedja.

Baca juga : Harga BBM Dan Makanan Terancam Melambung

Terlebih, tambah Sutedja, Kawasan Kota Jababeka sekarang tengah bertransformasi ingin menjadi kota dengan tata kota berkonsep Transit Oriented Development (TOD City).

Di mana pihak Jababeka berupaya mendorong masyarakat untuk bisa kembali memakai angkutan umum massal terkait sedikitnya 10 pembangunan infrastruktur modern yang akan ada di sekitar kawasan Kota Jababeka.

Mulai dari stasiun dan jalur KRL Commuter Line, Elevated Highway Jakarta-Cikampek yang sudah beroperasi sejak Desember 2020, jalan tol JORR II, MRT fase III Jakarta-Balaraja, LRT Jakarta-Cikarang, High Speed Train Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban serta Bandara Internasional Kertajati yang telah beroperasi sejak Juli 2019.

Baca juga : Kasus Korupsi Proyek IPDN, KPK Buka Peluang Jerat PT Waskita Karya Sebagai Tersangka

Kawasan Jababeka sebagai TOD City sudah eksis sejak tahun 2020 dengan hadirnya transportasi publik dengan layanan Jabodetabek Airport Connexion, Jabodetabek Residence Connexion, Bus AKDP di Hollywood Junction.

"Ditambah dengan layanan Shuttle Bus DAMRI dengan rute Stasiun Cikarang ke Hollywood ini, bukan saja akses masyarakat dari dan menuju Kota Jababeka kian mudah, tapi TOD City di Jababeka terus berkembang dengan perang angkutan umum yang makin handal," urai Sutedja yang juga merupakan Presiden Direktur dari Jababeka Residence, selaku pengelola dan pengembang Kawasan Kota Jababeka.

Sementara itu, Managing Director PT Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono, menambahkan, kehadiran Bus DAMRI untuk rute ini sangat tepat.

Baca juga : Membunuh Oposisi Bukan Gaya Jokowi

Ia menyebut, selama ini banyak masyarakat menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil maupun motor. Hal itu karena masih terbatasnya akses kendaraan umum dari Stasiun Cikarang ke Kawasan Jababeka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.