Dark/Light Mode

Mantap! Toyota Kijang Innova EV Dikembangkan Anak Bangsa

Sabtu, 2 April 2022 16:12 WIB
Toyota Kijang Innova EV Concept Car. (Foto: ist)
Toyota Kijang Innova EV Concept Car. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran Toyota Kijang Innova EV Concept Car di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 masih jadi bahan omongan. Menariknya mobil ini dikembangkan oleh anak bangsa.

Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengatakan, seluruh pengembangan Kijang Innova EV sepenuhnya melibatkan anak bangsa. Ada 100 orang dari total sekitar 300 orang dalam divisi riset dan pengembangan (RnD) TMMIN yang terlibat.

"Ini juga cukup surprising bagi kita karena dipercayai oleh prinsipal meski bukan pertama kali. Saat Kijang dibuat di sini dan disesuaikan kebutuhan Indonesia pada 1970-an juga pertama kalinya," ucap Bob kepada media di Ancol, Jumat (1/4) malam.

Baca juga : Toyota Bikin 5 Unit Kijang Innova EV, 2 Dikirim Ke Thailand

Menurut Bob, pengembangan Kijang Innova EV ini dilakukan sejak dua tahun lalu. “Sejak kita pakai masker,” beber Bob sambil becanda.

Menurut Bob, proyek Kijang Innova EV bertujuan untuk mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas SDM nasional di bidang elektrifikasi. 

Lewat produk ini Toyota Indonesia dapat merealisasikan transfer pengetahuan, inovasi teknologi, dan peningkatan kemampuan SDM industri otomotif kepada seluruh rantai pasok hingga para akademisi yang selaras dengan moto Toyota Indonesia “We Make People Before We Make Product”.

Baca juga : PLN Dukung Toyota Kembangkan Kendaraan Listrik Di Indonesia

Menurut dia, Kijang Innova EV menjadi bagian dari continuous improvement yaitu semangat pengembangan ekosistem elektrifikasi Indonesia yang diwujudkan bersama para engineer anak bangsa. Proyek ini sekaligus menjadi titik awal transformasi bersama ke era elektrifikasi dengan menggandeng seluruh rantai pasok yang sudah berperan membangun industri otomotif nasional selama ini, sambil mempersiapkan ekosistem lengkap untuk EV. 

“Kijang Innova EV concept study car merupakan bentuk dukungan prinsipal dan kepercayaan terhadap Indonesia.

Kata Bob, dengan memilih model lokal, ekosistem industri otomotif yang sudah ada dapat dijaga dan juga mampu mengembangkan rantai pasokan baru untuk beradaptasi dengan teknologi elektrifikasi. 

Baca juga : Toyota Pamerkan Kijang Innova EV Concept Di IIMSĀ 

“Lewat kolaborasi bersama dengan OEM (Original Equipment Manufacturer) lainnya, Toyota Indonesia dapat mempercepat terciptanya ekosistem BEV di Indonesia,” tukas Bob. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.