Dark/Light Mode

KAI Dan AP II Matangkan Layanan

BUMN Ancang-ancang Hadapi Eforia Pemudik

Minggu, 3 April 2022 07:30 WIB
Calon penumpang mencetak boarding pass di Check In Counter, Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (1/4/2022). PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1443 H di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. (ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww).
Calon penumpang mencetak boarding pass di Check In Counter, Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (1/4/2022). PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1443 H di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. (ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww).

 Sebelumnya 
“AP II memastikan seluruh bandara yang dikelola, termasuk Bandara Soetta, untuk dapat beroperasi tangguh dan cepat beradaptasi dengan dinamisnya situasi dan kondisi di tengah pandemi Covid-19,” jelas President Director PT Angkasa Pura (Persero) atau AP II Muhammad Awaluddin di Jakarta, kemarin.

Sebagai informasi, tercatat pada seminggu terakhir jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soetta per hari konsisten di atas 100 ribu orang. Bahkan sempat mencapai 140 ribu orang per hari. Atau sekitar 70 persen dibandingkan pergerakan penumpang harian sebelum Covid-19 yang mencapai 200 ribu sehari.

Baca juga : Ace Hasan Cek Layanan Kesehatan Haji Di Madinah

Executive General Manager Bandara Soetta Agus Haryadi menambahkan, pengaktifan kembali Terminal 1 untuk mendukung kelancaran angkutan Lebaran 2022.

Menurut Agus, periode Angkutan Lebaran 2022, baik itu arus mudik dan arus balik, adalah menjadi periode yang harus diperhatikan. Pengaktifan Terminal 1 ini, guna mengakomodir dan memastikan kelancaran Angkutan Lebaran.

Baca juga : BNI Siapkan Layanan Beyond Banking Untuk 8 Juta Diaspora Indonesia

“Kami memastikan kesiapan fasilitas, pelayanan, dan personel bandara. Dengan demikian, Bandara Soetta Terminal 1, 2, dan 3 siap kembali melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat,” katanya.

Waspada Kenaikan Tiket

Baca juga : Berantas Mafia Pupuk Bersubsidi

Pengamat Penerbangan Gatot Raharjo menilai, segala persiapan yang dilakukan BUMN Transportasi sudah cukup baik. Mudik tahun ini sudah seharusnya dipersiapkan dengan baik oleh semua pihak, baik dari Pemerintah (regulator), operator (darat, laut, udara, kereta api), dan masyarakat.

Proyeksi membludaknya mudik tahun ini, menurut Gatot memang dilatarbelakangi oleh dua hal. Pertama, kapasitas transportasi yang ditawarkan menurun (terutama pesawat). Dan kedua, euforia masyarakat yang tinggi mengingat sudah dua tahun tidak mudik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.