Dark/Light Mode

Gaet ICDX Dan ICH, CIMB Niaga Mantapkan Kerja Sama Transaksi Komoditi Syariah

Senin, 4 April 2022 13:46 WIB
Perjanjian Kerja Sama antara CIMB Niaga Syariah dengan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) dan Indonesia Clearing House (ICH),  (Foto: Dok. CIMB Niaga)
Perjanjian Kerja Sama antara CIMB Niaga Syariah dengan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) dan Indonesia Clearing House (ICH), (Foto: Dok. CIMB Niaga)

RM.id  Rakyat Merdeka - Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menyepakati Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) dan Indonesia Clearing House (ICH), terkait Transaksi Komoditi Syariah dalam rangka Pembiayaan Subrogasi Indirect Auto iB.

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara, Direktur ICDX Nursalam dan Direktur Utama ICH Megain Widjaja.

Baca juga : Icon+, Anak Usaha PLN Buka Lowongan Kerja, Simak Posisi Dan Syaratnya

Pandji menjelaskan, kerja sama tersebut dilakukan CIMB Niaga Syariah, sebagai upaya memenuhi ketentuan mengenai produk baru Subrogasi Indirect Auto iB. Sebuah produk pembiayaan joint financing, untuk pengalihan piutang pembiayaan murabahah kendaraan (mobil dan motor) milik Perusahaan Pembiayaan (Multifinance) kepada Bank berdasarkan prinsip Syariah.

Hal ini sesuai ketentuan Fatwa DSN MUI No 104/DSN/-MUI/X/2016 tentang subrogasi berdasarkan prinsip syariah, pengalihan piutang pembiayaan murabahah dilakukan melalui proses jual beli (ba’i) dengan alat bayar (tsaman) menggunakan barang (sil’ah).

Baca juga : PLN Teken 4 Kerja Sama Strategis Di Forum ETWG

Adapun barang yang menjadi alat bayar adalah, berupa komoditi yang pengadaannya dilakukan melalui Bursa Komoditi. Yang ditunjuk Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan. Yaitu ICDX dan settlement transaksinya dilakukan oleh ICH.

“Terima kasih kepada ICDX dan ICH untuk sinergi ini, sehingga kami dapat menghadirkan produk baru Subrogasi Indirect Auto iB. Produk ini merupakan yang pertama di industri perbankan Syariah Tanah Air dan juga merupakan transaksi komoditi Syariah pertama di Bursa Komoditi ICDX,” terang Pandji dalam siaran persnya, Senin (4/4).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.