Dark/Light Mode

Baru Lion yang Turunkan Harga Tiket, Itu Pun Promo

Rabu, 26 Juni 2019 13:54 WIB
Pesawat Lion Air/Ilustrasi (Foto: Humas Lion Air)
Pesawat Lion Air/Ilustrasi (Foto: Humas Lion Air)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengabarkan, baru satu maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC) yang sudah menurunkan harga tiket pesawat, yakni Lion Air. Penurunan itu pun hanya dilakukan melalui program promo. 

"Sudah ada diskon kan dari Lion, sudah diumumkan juga," kata Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubunga (Kemenhub), Polana Banguningsih Pramesti, di Jakarta, Rabu (26/6). 

Polana tak menjelaskan lebih rinci terkait besaran penurunan harga yang dilakukan Lion Air. Polana hanya menyampaikan setidaknya maskapai nasional yang didirikan Rusdi Kirana itu sudah melakukan penurunan harga tiket pesawat. 

Baca juga : Kurang Dukungan, Muddai Maddang Terancam Gagal Jadi Caketum KONI

Terkait penurunan harga tiket pesawat, Polana kembali menekankan bahwa pemerintah tidak mengatur besaran penurunan. Pemerintah hanya menentukan tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB). Hal itu diatur melalui Keputusan Menhub Nomor 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. 

"Ini kebijakan maskapai masing-masing. Tidak (ada aturan baru), kami kan sudah menetapkan batas atas dan bawah," katanya. 

Polana juga enggan menanggapi terkait keberlangsungan bisnis maskapai LCC nasional usai penurunan harga tiket. Misalnya, apakah permintaan pemerintah justru akan membuat maskapai kembali merugi seperti dulu akibat tiket pesawat rendah. "Saya belum bisa menilai," tuturnya. 

Baca juga : Siamo Indonesia Meriahkan Hari Musik Italia di Halaman Pantheon Roma

Saat ini, pihaknya masih menunggu penurunan harga tiket pesawat dari maskapai LCC nasional lain. 

Sebelumnya, Menteriko Perekonomian, Darmin Nasution, menyebut sudah ada maskapai LCC nasional yang menurunkan harga tiket pesawat. Darmin memastikan penurunan harga tiket itu akan terjadi pada pekan ini. 

AirAsia Indonesia, salah satu maskapai LCC yang ada di Tanah Air, menyatakan harga tiket pesawat dari perusahaan yang dijual ke masyarakat sudah cukup murah. Hal itu membuat maskapai mengaku tidak bisa lagi menurunkan harga. 

Baca juga : Lion Turunkan Harga Tiket. Ini besarannya

"Kami tidak usah turunkan pun, harga kami selama ini selalu yang paling terjangkau. Kami rasa mungkin imbauannya itu bukan ke kami. Kami sudah murah kok," kata Direktur Utama Air Asia Dendy Kurniawan. 

Namun demikian, dirinya berjanji akan menurunkan tarif jika pemerintah melayangkan surat resmi kepada perusahaan terkait rute dan tarif yang perlu diturunkan. Ia menegaskan perusahaan tidak pernah melanggar aturan TBA dan TBB yang ditetapkan Kementerian Perhubungan. 

"Kalau mungkin bisa lebih murah lagi kenapa tidak, pasti akan kami lakukan (penurunan tarif). Kami selalu akan patuh, kalau dari pemerintah ada surat secara resmi menyampaikan spesifik rute yang diharapkan Air Asia memberikan diskon," jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.