Dark/Light Mode

Kampus UMKM Shopee Ke-8 Hadir Di Malang

Selasa, 12 April 2022 19:32 WIB
Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja (kanan) dab Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansadalam peluncuran Kampus UMKM Shopee secara virtual, Selasa (12/4). (Foto: Dok. Shopee)
Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja (kanan) dab Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansadalam peluncuran Kampus UMKM Shopee secara virtual, Selasa (12/4). (Foto: Dok. Shopee)

 Sebelumnya 
Menurutnya, Kampus UMKM Shopee Malang rancang untuk menjadi pusat pertumbuhan UMKM lokal. Para pelaku UMKM bisa datang ke sini untuk belajar, berjejaring dan memanfaatkan berbagai fasilitas untuk meningkatkan keterampilan bahkan penjualan mereka.

Diharapkan, hadirnya Kampus UMKM Shopee Malang menjadi one-stop services bagi solusi jutaan UMKM lokal, dan dapat memperkuat ekosistem digital yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Shopee hadir sebagai mitra UMKM Indonesia untuk terus tangguh, tumbuh, dan menciptakan dampak positif,” tutup Handhika.

Baca juga : PDIP Happy Cak Nun Mau Hadir Di Kandang Banteng

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi komitmen Shopee dalam memberikan harapan baru untuk UMKM di Jawa Timur. Terlebih, saat ini tantangan utama dalam mengembangkan UMKM adalah masalah permodalan dan pemasaran.

Dengan hadirnya Kampus UMKM Shopee, tegas Khofifah, para UMKM Jawa Timur bisa mendapatkan harapan dan energi baru untuk bisa naik kelas, menjadi lebih besar, dan meluaskan jejaring.

“Saya optimistis akan ada lompatan kinerja bagi pelaku UMKM ketika sudah memiliki kepercayaan diri dan pemahaman untuk go online dan meningkatkan pemasaran. Apabila mereka mendapat penguatan melalui jejaring Kampus UMKM Shopee ini, rasanya dunia mereka akan terbuka,” ungkapnya.

Baca juga : Paradise Walk Serpong Mall Kini Hadir di Serpong Selatan

Sebagai informasi, Kampus UMKM Shopee Malang hadir dengan program pelatihan, fasilitas dan layanan yang tersedia secara gratis bagi seluruh UMKM. Di antaranya, program pelatihan intensif.

Di mana pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi, meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee.

Kemudian pendampingan pertumbuhan bisnis. Di mana Trainer Shopee siap memberikan bantuan terkait administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis termasuk pembukuan.

Baca juga : Merdeka Belajar Episode Ke-18 Hadirkan Dana Indonesiana

Selain itu ada pula beberapa fasilitas gratis seperti Studio Foto, lengkap dengan peralatan pencahayaan dan fotografer agar UMKM bisa mengambil foto produk yang menarik.

Ruang Live Streaming, bagi UMKM yang ingin memanfaatkan fitur Shopee Live untuk mempromosikan produk. Serta Fasilitas Penunjang lainnya, yang dapat dimanfaatkan UMKM seperti ruang pertemuan, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran produk. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.