Dark/Light Mode

Biar Mudik Lancar, Jasa Marga Stop Proyek Konstruksi Di Tol H-10 Lebaran

Jumat, 15 April 2022 16:28 WIB
Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: Antara)
Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menghentikan sementara seluruh pekerjaan konstruksi di jalan tol mulai H-10 Lebaran. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan saat musim mudik

Hal tersebut dikatakan General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Muhammad Taufik Akbar seperti dikutip dari Antara, Jumat (15/4).

Dia memastikan, pada H-10 seluruh pekerjaan perkerasan tol sudah rapi dan tidak berlubang. Tim pemeliharaan juga akan disiagakan untuk memastikan sarana perambuan di jalur utama dan jalur fungsional.

Baca juga : Turun Ke Lapangan, Kementan Pastikan Harga Ketersediaan Bahan Pokok Di Kalbar Aman

Taufik berharap, pekerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek juga ditargetkan selesai sebelum Lebaran dan dapat dioperasikan secara fungsional guna meningkatkan kapasitas lajur.

Dia juga menyampaikan kesiapan layanan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan persiapan area istirahat untuk menunjang kelancaran lalu lintas.

Dalam hal sarana dan prasarana, kata dia, Jasa Marga juga mempersiapkan penambahan fasilitas peturasan portable, ketersediaan air bersih, penambahan petugas kebersihan dan keamanan, serta memastikan ketersediaan BBM, bengkel, dan layanan top up.

Baca juga : Sambut Mudik 2022, Angkasa Pura I Siapkan Sentra Vaksinasi Di Bandara

Menurut dia, ada beberapa kebijakan di area istirahat atau rest area yang akan dikoordinasikan dengan pihak kepolisian untuk menghindari kepadatan dan antrean yang mengganggu kelancaran lalu lintas.

Kebijakan itu antara lain skema buka tutup rest area apabila terdapat kepadatan di lokasi tersebut, serta pembatasan waktu istirahat di area itu maksimal 30 menit bagi para pemudik.

Taufik menambahkan, seluruh kesiapan menjelang arus mudik terus dioptimalkan guna meningkatkan pelayanan optimal khususnya bagi para pemudik yang hendak menuju timur Pulau Jawa.

Baca juga : Luar Biasa, Warga Serbu Sentra Vaksinasi Booster

"Semua aspek kami persiapkan secara optimal agar mudik tahun ini bisa berjalan dengan aman sehat, mulai dari skema rekayasa lalu lintas, penempatan petugas, armada layanan lalu lintas, layanan informasi dan komunikasi, hingga penambahan gardu tol," tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.