Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Turun Ke Lapangan, Kementan Pastikan Harga Ketersediaan Bahan Pokok Di Kalbar Aman

Jumat, 15 April 2022 10:16 WIB
Penanggung Jawab Pengawalan dan Monitoring Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok di Kalimantan Barat Liferdi Lukman saat mengunjungi sejumlah pasar dan supermarket/Ist
Penanggung Jawab Pengawalan dan Monitoring Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok di Kalimantan Barat Liferdi Lukman saat mengunjungi sejumlah pasar dan supermarket/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Prihasto Setyanto mengerahkan seluruh jajarannya turun langsung ke lapangan dan mengawal ketersediaan serta harga bahan pangan pokok. Ini dalam rangka menjamin ketersediaan bahan pangan pokok selama Ramadhan dan menjelang Lebaran tahun 2022. 

Langkah itu sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) yang meminta Kementan bersama Pemerintah Daerah di seluruh provinsi melakukan pengawalan dan monitoring ketersediaan pangan dan harga 12 bahan pokok. 

Penanggung Jawab Pengawalan dan Monitoring Ketersediaan dan Harga Bahan Pangan Pokok untuk Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi Lukman mengunjungi beberapa lokasi pasar dan supermarket untuk memantau ketersediaan dan harga bahan pangan pokok di Kalbar. 

Kunjungan ini turut didampingi oleh Satgas Pangan DKP Kalbar, Dinas Perdagangan Kota Pontianak, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat, dan Ketua Dharma Wanita Kalbar, Windy Prihastari.

Baca juga : Kementan Pastikan Stok 12 Bahan Pokok Di NTT Aman

Untuk meninjau kondisi pasar, Liferdi menyambangi Supermarket Kaisar yang mewakili pasar modern dan Pasar Flamboyan yang mewakili pasar tradisional. 

“Berdasarkan hasil diskusi dengan para pedagang, ketersediaan dan harga bahan pangan utama seperti beras, telur, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai keriting, cabe hijau, daging sapi, daging ayam, serta aneka sayur masih aman,” ungkap Liferdi.

Lebih lanjut, Liferdi menyampaikan bahwa Kementan saat ini terus memonitor harga dan ketersediaan bahan pangan pokok di 34 provinsi setiap minggunya. 

Dengan data tersebut, dapat dilakukan intervensi pendistribusian suatu komoditas dari daerah surplus ke daerah defisit, sehingga mampu menjaga kestabilan harga dan stok pangan.

Baca juga : Stok Aman, Kementan Kawal Ketersediaan Pangan Di Kalteng

Saat dihubungi terpisah, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto menyampaikan bahwa saat ini ketersediaan stok dan harga bahan pangan pokok secara umum masih aman. 

Sebagai antisipasi lonjakan harga, Prihasto menyarankan digelarnya kegiatan Gelar Pangan Murah (GPM) di Kalimantan.

Gelar Pangan Murah bisa menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan harga. 

“Selain itu, melalui Gelar Pangan Murah, masyarakat juga dapat mengakses bahan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau,” ujar Prihasto, selaku penanggung jawab stabilisasi pangan wilayah Kalimantan.

Baca juga : Sebut Demokrasi Adalah Kesepakatan, Kang Emil Sesalkan Kekerasan Terhadap Ade Armando

Sebagai info, GPM di Kalbar telah diselenggarakan pada hari yang sama (13/4) dan merupakan bentuk kerja sama Direktorat Jenderal Hortikultura melalui Pasar Mitra Tani (PMT)/Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Dharma Wanita Provinsi Kalbar. 

Ke depannya, GPM akan terus dilanjutkan untuk mempermudah akses masyarakat Kalbar terhadap pangan pokok berkualitas. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.