Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Supaya Bisa Mudik Lebaran

Luar Biasa, Warga Serbu Sentra Vaksinasi Booster

Minggu, 10 April 2022 07:30 WIB
Petugas medis menyuntikkan vaksin
Petugas medis menyuntikkan vaksin "booster" kepada warga yang mengikuti Vaksinasi Booster Presisi di Pintu 59-60 Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (7/4/2022) malam. Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menggelar vaksinasi "booster" bagi warga secara gratis yang dibuka malam hari mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan selesai hingga h-7 Lebaran dalam rangka percepatan vaksinasi nasional. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp).

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Jakarta berbondong-bondong mendatangi sentra vaksinasi Covid-19 untuk mendapatkan dosis ketiga atau booster sebagai syarat mudik Lebaran tahun ini.

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengungkapkan, capaian vaksinasi booster meningkat. Per Rabu (6/4), sudah 2.847.999 orang yang disuntik booster.

“Pergerakan percepatannya luar biasa,” ucap Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (7/4).

Untuk menggencarkan vaksinasi booster, pihaknya memanfaatkan momentum bulan Ramadan ini dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

“Untuk membuka layanan (vaksin booster) di malam hari bersamaan dengan tarawih,” tuturnya.

Selain itu, Dinkes juga akan menggelar vaksinasi booster di terminal dan stasiun jalur mudik secara rutin menjelang H-7 sebelum Hari Raya Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 H.

Baca juga : Warga Cengkareng Serbu Sentra Vaksinasi Covid-19 di Masjid

“Pada dasarnya, vaksinasi di terminal layanannya sudah ada rutin menjelang H-7,” terang Widyastuti.

Dalam penerapannya, Dinkes akan berkoordinasi dengan kepala terminal dan stasiun untuk memastikan vaksinasi dilakukan di terminal dengan jumlah pengunjung tinggi bukan di lokasi dengan jumlah massa sedikit.

“Jadi, kami akan lebih memudahkan akses (vaksinasi). Namun, kami imbau sebaiknya jangan mendekati waktu mudik baru divaksin, tapi jauh-jauh hari,” imbaunya.

Meski minat warga cukup tinggi, Widyastuti menjamin ketersediaan vaksin booster tercukupi.

“Insya Allah vaksinnya aman dan dalam jumlah yang cukup,” kata Widyastuti.

Tak hanya Pemprov Jakarta, Polda Metro Jaya juga gencar melaksanakan vaksinasi booster.

Baca juga : Vaksin Booster Laris Manis

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bahkan sudah mengimbau seluruh jajarannya, mulai dari tingkat Polsek untuk membuka layanan atau gerai vaksinasi dosis ketiga.

“Kegiatan ini bentuk ikhtiar dan komitmen Polda Metro Jaya dalam memfasilitasi masyarakat mendapatkan vaksin. Terutama masyarakat yang akan melaksanakan mudik di Hari Raya, mengingat peraturan mensyarat kan wajib vaksin booster bagi yang ingin mudik,” jelas Fadil.

Polda Metro Jaya, kata Fadil, juga berkomitmen terus mendekat dan melayani masyarakat. Dan memastikan semangat besar masyarakat untuk beribadah dan menjaga kesehatan dapat berjalan dalam satu waktu bersamaan.

“Kami terus #BergerakBersama dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk pengurus masjid, ketua RT/RW, pengelola pasar dan lainnya. Sesuai arahan Kapolri, kami akan selalu bergerak menjaga Kantibmas dibarengi program-program kemanusiaan,” tegasnya.

Kegiatan vaksinasi ini, menurut Fadil, untuk memastikan mudik tahun ini dapat membawa kebahagiaan dengan modal kesehatan yang paripurna dengan vaksinasi booster. Prinsipnya, pihaknya ingin bergerak lebih awal.

“Ramadan ini Polda Metro Jaya serentak melaksanakan vaksinasi di 503 titik dengan target lebih dari 150.000 vaksinasi per hari,” terangnya.

Baca juga : Istana Bilang Silakan

Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Khotibi Achyar S mendorong agar warga Jakarta segera vaksinasi booster.

Menurutnya, vaksin booster diperlukan bagi warga Jakarta, karena memiliki wilayah yang luas dan padat penduduk dengan mobilitas yang cukup tinggi.

“Makanya, vaksin booster sangat diperlukan di Jakarta,” katanya, kemarin.

Menurutnya, vaksinasi booster juga untuk meminimalisir penularan Covid-19.

“Mari sama-sama mendukung program vaksinasi Pemerintah agar pandemi yang melanda negara ini cepat berlalu,” ajaknya.  [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.