Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick Thohir Yakin, Sumbagsel Berpotensi Jadi Penopang Ekonomi Indonesia

Minggu, 17 April 2022 14:10 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri seminar nasional Maspro Sumbagsel, di Ciputra Artprenuer, Jakarta, Sabtu (16/4). (Foto: Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri seminar nasional Maspro Sumbagsel, di Ciputra Artprenuer, Jakarta, Sabtu (16/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meyakini, wilayah Aglomerasi Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dapat menopang perekonomian Indonesia.

Soalnya, Erick melihat, peta geopolitik dunia sedang mengalami perubahan. Banyak pengamat meramalkan, konteks ekonomi globalisasi akan berubah ke arah regionalisasi.

Jika ini berkembang, Erick meyakini Indonesia berpotensi terus maju. Sebab, Indonesia memiliki kawasan-kawasan dengan potensi ekonomi besar sebagai regional, salah satunya adalah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Baca juga : Anies : Bank DKI Harus Jadi Penopang Ekonomi UMKM Jakarta

"Banyak tulisan dari pengamat dunia, globalisasi ini akan berubah menjadi regionalisasi. Ini sejalan, terlepas dari Indonesia sebagai negara dimana kita harus merajut hubungan dengan Asia Tenggara sebagai sebuah kawasan, tapi kita meihat bahwa di dalam Indonesia ada regional-regional yang sangat berpotensi," kata Erick Thohir saat menghadiri seminar nasional Maspro Sumbagsel, di Ciputra Artprenuer, Jakarta, Sabtu (16/4).

Pada konteks tersebut, Erick yang merupakan putra daerah Sumbagsel melihat ini sebagai sebuah peluang bagi wilayah aglomerasi Sumbagsel untuk dapat meningkatkan potensi sumber daya di daerah. "Bagaimana pentingnya kita merajut, tentu sejalan tapi dengan yang kita sepakati di seminar pertama," ungkapnya. 

Erick melihat Sumbagsel menjadi sebuah kawasan yang menarik karena memiliki potensi alam yang luar biasa yang apabila dimaksimalkan dapat menjadi penopang ekonomi Indonesia. "Saya rasa sejak awal ketika maspro datang, sumbagsel ini menjadi sebuah kawasan yang menarik," papar Erick.

Baca juga : PLN Operasikan Kabel Listrik Bawah Laut Terpanjang Di Indonesia

Menurut Erick, selain Jawa, daerah-daerah Indonesia luar pulau Jawa juga berpotensi untuk dikembangkan seperti yang mulai dilakukan pada era Presiden Jokowi.

"Kita tidak bisa bersandar pada ekonomi yang di Jawa terus. Kalau dilihat dari kepadatan dan pertumbuhan dari kota-kota yang sangat modern, akan sulit sekali tentu sumber daya alam atau pun pertumbuhan pendukung-pendukung lainnya," bebernya. 

Dia pun mendorong Maspro Sumbagsel agar terus berkolaborasi dan sinergi antara BUMN dengan daerah di Sumbagsel agar bisa meningkatkan pembangunan dan ekonomi. 

Baca juga : Mas Menteri Ajak Masyarakat Ikuti Beasiswa Pendidikan Indonesia

Apalagi, diingatkan Erick, Sumbagsel memiliki potensi besar, baik pariwisata, hasil pertanian seperti kopi dan karet, hingga pertambangan.

"Sebuah potensi bagaimana Sumbagsel bisa mengambil kesempatan selain infrastruktur, tetapi menjadi penopang daripada pemasukan negara atau pun daerah dari sumber daya alam dan pangan," harap Erick.  
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.