Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

idEA Power Talk

Begini Peran Superapp Dorong Ekonomi Digital Di Industri Pariwisata

Jumat, 1 April 2022 21:36 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (Foto: Istimewa)
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menggelar diskusi Power Talk untuk membahas peran superapp dalam mendorong kemajuan ekonomi digital, khususnya di industri pariwisata. Kehadiran superapp yang tengah berkembang pesat di Indonesia saat ini berkontribusi terhadap tingginya adopsi digitalisasi di kalangan pelaku usaha, terutama UMKM

Diskusi dibuka dengan sambutan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Diskusi ini dihadiri banyak tokoh. Antara lain Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan Iqbal Shoffan Shofwan, Ketua Umum idEA Bima Laga, Chief Technology Officer (CTO) Traveloka Ray Frederick, Wakil Ketua Umum idEA Budi Primawan, dan Vice President Public Affairs, Government Relations, dan CSR Traveloka Widya Listyowulan.

Dalam sambutannya, Airlangga mengatakan, memasuki 2022, sektor pariwisata terlihat mulai membaik dengan adanya pertumbuhan wisatawan mancanegara sejumlah 143.000 atau meningkat 13,6 persen dibanding tahun sebelumnya. Sektor pariwisata sebagai salah satu kontributor utama pertumbuhan ekonomi nasional diharapkan mampu tumbuh 4,3 persen pada tahun ini. 

Baca juga : Peran Superapp Dalam Mendorong Ekonomi Digital di Industri Pariwisata

“Untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata, optimalisasi pemanfaatan platform digital dapat menjadi salah satu cara dalam meningkatkan daya saing para pelaku usaha, mempromosikan destinasi wisata, serta memudahkan akses masyarakat kepada kebutuhan perjalanan,” ucap Airlangga.

Sementara, Jerry Sambuaga menyampaikan, perkembangan industri digital memberikan peluang bagi para pelaku usaha, terutama UMKM, untuk melakukan transformasi digital. Hal ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan daya saing dalam memasarkan produk dan layanan ke lebih banyak konsumen. 

“Melalui digitalisasi, pelaku usaha di berbagai sektor industri, termasuk sektor pariwisata, berpotensi untuk memenuhi lebih banyak permintaan dari para konsumen di berbagai wilayah, sehingga nantinya diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Penggunaan teknologi digital dalam pemenuhan kebutuhan gaya hidup dan solusi perdagangan perlu terus disosialisasikan agar memungkinkan masyarakat beradaptasi dan mendapatkan manfaat dari layanan dan produk inovatif yang ditawarkan,” terangnya.

Baca juga : Menkominfo: Lombok Barat Tonggak Sejarah Ekonomi Digital Dunia

Sedangkan Bima Laga menjabarkan giatnya upaya para pelaku industri digital untuk membangun usahanya. Kata dia, proses sosialisasi digital mengalami dorongan luar biasa saat pandemi melanda. Semua aktivitas seperti dipaksa beralih ke digital. Meski demikian, pelaku industri digital, terutama e-commerce dan superapp, masih harus melakukan edukasi dan sosialisasi ke semua pihak. 

“Edukasi dan sosialisasi teknologi digital ini juga harus secara konsisten dilakukan ke seluruh pelaku usaha yang menjadi merchants. Supaya mereka bisa berjualan dengan tepat, melayani konsumen secara baik, hingga mampu mencatatkan transaksi yang tinggi untuk jangka panjang,” terangnya.

Menanggapi tren positif pengadopsian teknologi akibat pandemi, Chief Technology Officer Traveloka Ray Frederick mengatakan, pihaknya memahami betul bahwa pandemi telah mengubah Indonesia, baik konsumen maupun para pelaku usaha, untuk keluar dari kebiasan dan mulai beranjak mengadopsi teknologi digital. 

Baca juga : Indonesia Dorong Optimalisasi Ekonomi Digital Berbasis Data

“Sejak pertama hadir melayani masyarakat, kami terus secara konsisten melakukan sosialisasi kepada para pelaku industri, khususnya di sektor perjalanan dan pariwisata. Kami melihat bahwa pemanfaatan teknologi digital dapat memberikan dampak positif bagi bisnis para mitra, termasuk UMKM. Platform kami dapat menjadi wadah bagi para mitra untuk menjangkau dan terpapar pada puluhan juta konsumen kami yang tersebar di Asia Tenggara,” ucapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.