Dark/Light Mode

Dipimpin Menteri Perhubungan

KAI Laksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2022

Jumat, 22 April 2022 13:35 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri) memimpin Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran KAI 2022, di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (22/4). (Foto: Dok. KAI)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri) memimpin Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran KAI 2022, di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (22/4). (Foto: Dok. KAI)

 Sebelumnya 
KAI juga secara disiplin mengimplementasikan protokol kesehatan sesuai yang telah ditetapkan pemerintah berdasarkan SE Kemenhub Nomor 49 Tahun 2022. KAI telah menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer yang memadai, pengukuran suhu tubuh serta penggunaan masker. Serta secara cepat dan tanggap mengantisipasi adanya kerumunan di area stasiun, termasuk layanan antigen dan pelaksanaan vaksinasi di stasiun-stasiun & bekerjasama dengan TNI/Polri dan Dinas Kesehatan. 

Seluruh jajaran KAI, mulai dari staf hingga top management, akan melakukan posko Angkutan Lebaran guna memastikan pelayanan dan penerapan protokol kesehatan di stasiun dan selama dalam perjalanan berjalan dengan baik. Pada Angkutan Lebaran 2022 ini, total terdapat 4.552 perjalanan KA Jarak Jauh dengan kapasitas tempat duduk mencapai 2.557.612 tempat duduk. Sampai dengan 22 April, KAI telah menjual 1.284.413 tiket KA Jarak Jauh atau 50 persen dari total tiket yang disediakan.

Baca juga : Angkasa Pura I Prediksi Layani 2,4 Juta Penumpang Pada Angkutan Lebaran 2022

"Melalui persiapan yang matang, kita harapkan moda transportasi KA selama masa Angkutan Lebaran ini dapat berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali. Kami juga mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksin booster sehingga perjalanan kereta api menjadi sehat dan nyaman selama masa Angkutan Lebaran ini," tutup Didiek.

Di dalam apel itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan, pada tahun ini, animo masyarakat untuk mudik sangat tinggi. Oleh karena itu, dia berpesan agar seluruh petugas harus mengawal pergerakan penumpang dengan cermat dan memastikan bahwa protokol kesehatan dan aturan perjalanan terus ditegakkan, serta menghindari terjadinya antrean yang berpotensi menimbulkan penumpukan penumpang.

Baca juga : Tingkatkan Akses Pangan Berkualitas, Pasar Mitra Tani Kalbar Gelar Pangan Murah

“Berikan senyum dengan gerak tubuh yang simpatik saat menyampaikan saat mengecek apakah penumpang sudah menggunakan vaksin booster, ataupun saat mengingatkan mereka untuk disiplin protokol kesehatan. Lakukan dengan tegas namun tetap humanis dan ramah,” jelas Menhub. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.