Dark/Light Mode

Terbang Perdana Jakarta-Bali

Erick: Pelita Air Konsen Domestik Dulu, Jangan Out of Focus

Kamis, 28 April 2022 15:06 WIB
Pelita Air. (Foto: Ist)
Pelita Air. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai Pelita Air Services resmi terbang perdana melayani rute Jakarta-Bali secara reguler mulai Kamis (28/4). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan, Pelita Air hadir sebagai penyeimbang di industri penerbangan dalam negeri. Anak usaha PT Pertamina ini akan difokuskan untuk melayani penerbangan domestik.

"Tadi saya sudah bicara juga bahwa ini fokus domestik, tidak international flight. Kita mau bangun domestik dulu yang kuat. Apalagi sekarang sudah mulai bangkit. Ini ada momen mudik, perjalanan dinas, dan wisata,” ujar Erick Thohir dalam acara Inaugural Flight Pelita Air di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (28/4).

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Prestasi Olahraga Otomotif

Diingatkannya, potensi penerbangan domestik Indonesia begitu besar. Berdasarkan data sebelum pandemi Covid-19, pariwisata tanah air didominasi turis domestik dengan persentase 72 persen. Sedangkan sisanya adalah turis mancanegara.

"Ini dicatat ya kalau ada izin internasional jangan dikeluarin. Ini untuk domestik. Kita jangan out of focus. Marketnya besar, tetapi kita tidak memprioritaskan, bukan berarti juga karena tulisannya pelit, Pelita, bukannya pelit, tetapi ini penting bahwa memang justru potensi market ini yang harus kita jaga," ingatnya.

Baca juga : Perluas Regular Flight, Pelita Air Datangkan 2 Pesawat Airbus

Erick juga menyatakan, dirinya sudah berpesan tidak hanya kepada Pelita Air, tapi juga holding BUMN pariwisata, yakni InJourney, untuk mulai merajut ekosistem untuk membangun pariwisata domestik.

Dia menjelaskan, nantinya Pelita Air akan beroperasi dengan 20 armada. Tapi saat ini, maskapai tersebut baru mendatangkan dua pesawat Airbus A320. “Rencana sampai 20 (pesawat), bertahap sekarang ke 10 (pesawat) dulu," tandas Erick.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.