Dark/Light Mode

Diapresiasi, Langkah Pertamina Bantu Pemerintah Atasi Kekurangan Oksigen

Selasa, 6 Juli 2021 18:39 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Stok oksigen bagi pasien Covid-19 mulai terbatas. Tak hanya di wilayah Jabodetabek saja, kondisi kekurangan stok isi ulang oksigen juga terjadi nyaris di seluruh Pulau Jawa.

Melihat hal itu, salah satu BUMN energi, yakni PT Pertamina (Persero) mengambil langkah dengan membantu menyalurkan kebutuhan oksigen pasien Covid-19.

Pertamina juga menyediakan infrastruktur, sarana dan fasilitas (sarfas) pendukung. Salah satunya melalui fasilitas ISO Tank atau tangki oksigen yang dioperasikan oleh Pertamina Group.

Baca juga : PPKM Darurat, Menperin Ajak Industri Bantu Penanganan Corona

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan, menilai langkah Pertamina dalam membantu pemerintah menangani kasus lonjakan Covid-19 itu perlu diapresiasi.

"Saya memberikan apresiasi kepada Pertamina dan juga jajarannya, serta zubholding dan juga anak perusahaan yang telah mengalokasikan sumber daya mereka, transportasi dan juga kemampuan mereka dalam rangka membantu pemerintah untuk menyediakan oksigen yang memang saat ini sangat mengalami kekurangan," jelas Mamit lewat pesan singkat, Selasa, (6/7).

Menurutnya, hal ini membuktikan, BUMN sangat peduli dan sangat membantu pemerintah dan masyarakat di tengah kondisi pandemi saat ini.

Baca juga : Cegah Corona Masuk Desa, Gus Halim Perintahkan Pos Gerbang Desa Dijaga 24 Jam

Diingatkan Mamit, oksigen begitu penting bagi para pasien Covid-19 di rumah sakit maupun yang menjalani isolasi mandiri, agar mereka bisa mampu dan bertahan dalam menghadapi infeksi virus tersebut.

"Apa yang dilakukan oleh Pertamina, dan juga anak perusahaan subholding Gas adalah langkah bagus, dan saya kira ini harus diikuti oleh BUMN-BUMN lain dalam rangka mendukung upaya pemerintah melawan Covid-19 saat," tuturnya.

Menurut Mamit, tanpa dukungan dari semua pihak kondisi pandemi Covid-19 ini akan sulit untuk diatasi.

Baca juga : Pemprov Keluarin Aturan Kayak Bikin Tahu Goreng

"Ini menunjukkan pentingnya peran BUMN dalam menyokong program-program pemerintah. Saya kira satu hal yang wajar juga jika pemerintah pun mendukung semua program-program BUMN, karena ketika BUMN untung negara juga yang akan diuntungkan, dan masyarakat akan dapat manfaatnya," tandas Mamit. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.