Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Danone SN Indonesia Berdayakan Perempuan Di Peternakan Sapi Perah

Jumat, 29 April 2022 11:10 WIB
Perempuan peternak sapi (Foto: Istimewa)
Perempuan peternak sapi (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selain itu, Danone SN Indonesia dan LPTP terus melakukan peningkatan keterampilan peternak muda melalui serangkaian pelatihan. Yaitu kegiatan pelatihan budidaya ternak sapi perah, pelatihan business plan usaha ternak, pelatihan inovasi pakan; serta penyediaan stimulasi teknologi pertanian dan pembuatan platform pembelajaran digital.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman drh Sri Rahayu Saddyahsih Nawang Wulan menerangkan, peluang di dunia peternakan saat ini telah banyak berkembang. Untuk itu, Pemerintah memiliki berbagai program dukungan seperti penyediaan sumber daya manusia pendukung, pelayanan pemerintah dalam hal puskeswan gratis, pengambilan sampel hewan maupun bahan pangan, pengujuan laboratorium, rekomendasi perijinan, penguatan modal usaha maupun bantuan pemerintah dalam APBD, APBN, dan Pokir.

Baca juga : Menkominfo Ingatkan Pemudik Patuhi Imbauan Pemerintah

Rangkaian dukungan ini dihadirkan sebagai bentuk dukungan pengembangan para peternak, khususnya dalam menjawab peluang pada era peternakan modern. "Contohnya, seperti dorongan perubahan mindset, ketika peternak tidak hanya untuk mengurus sapi namun juga dalam penyediaan pakan maupun pengolahan pupuk organik yang mana hal ini sangat menarik bagi para peternak muda dalam hal menambahkan pemasukan peternak melalui produksi produk tersebut," ujar Sri.

Saat ini, tambahnya para peternak khususnya peternak muda dihadapi dalam situasi transisi peternakan modern, dimana sistem konvensional juga masih dijalankan, namun penerapan metode penggunaan alat modern berbasis teknologi sudah mulai dilakukan. Peternak Muda Dukuh Banyusri Desa Jemowo Tri Utami mengatakan, budidaya menuju modern, banyak juga sisi positifnya seperti yang ia rasakan setelah menggunakan mesin perah otomatis.

Baca juga : BPH Migas Cek Kesiapan PGN Area Jateng-Jatim Hadapi Lebaran

Pengunaan teknologi ini berdampak pada efisiensi tenaga yang dikeluarkan, hingga pekerjaan lebih cepat dan aspek kebersihan yang terjaga. "Dengan efisiensi yang saya jalankan melalui penggunaan teknologi ini, maka saya dapat menghasilkan proses produksi yang lebih optimal dan juga memiliki waktu lebih untuk keluarga," tuturnya. 

Pengetahuan tersebur ia dapatkan setelah mengikuti program kegiatan Regenerasi Peternak yang diinisiasi Danone SN Indonesia dan LPTP. Namun, ia menilai perempuan masih dianggap identik dengan peran domestik rumah tangga, padahal saat ini sudah banyak perempuan yang berpartisipasi aktif untuk perekonomian keluarga.

Baca juga : Dubes Iran Peringati Hari Internasional Al-Quds Sambil Bukber

Oleh karena itu, melalui program ini ia ingin lebih meningkatkan keterampilan peternak perempuan sehingga semakin berdaya. "Agar dapat berkontribusi untuk menjaga kesehatan masyarakat baik dalam lingkup keluarganya melalui roda perekonomian yang dijalankan sebagai peternak.” tutup Ratih. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.