Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pastikan Kelancaran Arus Mudik, Erick Tinjau Pelabuhan Panjang

Rabu, 4 Mei 2022 12:35 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Menko PMK Muhadjir Effendy naik helikopter, saat hendak meninjau persiapan arus balik di Pelabuhan Panjang, Lampung, Rabu (4/5). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Menko PMK Muhadjir Effendy naik helikopter, saat hendak meninjau persiapan arus balik di Pelabuhan Panjang, Lampung, Rabu (4/5). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, pemerintah tak hanya mempersiapkan arus mudik berjalan dengan baik. Tetapi juga kelancaran dalam arus balik.

Menurutnya, dua prosesi tersebut sama pentingnya bagi masyarakat.

 

Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) menyapa pemudik di atas kapal Ferry, di tengah kunjungannya untuk memastikan kelancaran arus mudik di Pelabuhan Panjang, Lampung, Raby (4/5). (Foto: Humas BUMN)

 

"Melayani masyarakat adalah hal yang terus kita jaga. TNI, Polri, pemerintah pusat, daerah juga terus bersinergi dan kolaborasi," ujar Erick saat meninjau persiapan arus balik di Pelabuhan Panjang di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Rabu (4/5).

Baca juga : Hari Ke-2 Lebaran, Menhub Blusukan Ke Pelabuhan Muara Angke

Berkat sinergitas,  prosesi arus mudik tahun ini dapat berjalan lancar.

Kedatangan Erick ke Pelabuhan Panjang merupakan wujud komitmen pemerintah, dalam menjaga prosesi arus balik tetap lancar. Seperti saat arus mudik.

Erick mengatakan, sinergitas antara BUMN dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan berbagai pihak, merupakan salah satu faktor utama keberhasilan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Sejak awal, saya meminta BUMN mendukung Kemenhub, dalam mewujudkan arus mudik dan balik yang aman dan sehat. BUMN dan Kemenhub terus berkoordinasi secara intensif, dalam mengantisipasi sejumlah dinamika yang terjadi di lapangan," ujar Erick.

Erick menambahkan, persiapan maksimal harus terus dilakukan. Mengingat arus balik memiliki tantangan yang berbeda, ketimbang saat arus mudik. Terlebih, masa cuti bersama Lebaran 2022 akan berakhir Jumat (6/5) besok.

Baca juga : Asyik, Transjakarta Sediakan Bus Wisata Gratis

Terkait hal tersebut, Erick menegaskan dukungan BUMN dalam operasional di Pelabuhan Panjang, yang menjadi pelabuhan alternatif arus balik untuk pemudik.

Tahun ini, angkutan Lebaran di Pelabuhan Merak mencapai angka 209.460 kendaraan. Atau naik 10 persen dibanding tahun 2019, yang hanya 190.545.

Kenaikan terbesar datang dari kendaraan roda empat, yang melonjak hingga 27 persen, dari 88.626 unit mobil pada tahun 2019, menjadi 112.139 unit mobil pada tahun ini.

Sedangkan kenaikan penumpang tercatat sebesar 2,5 persen.

"Kita berharap, Pelabuhan Panjang mampu mengantisipasi lonjakan penumpang di Pelabuhan Bakauheni pada arus balik Lebaran ini," tutur Erick.

Baca juga : Rekayasa Lalin Sukses Urai Arus Mudik Lebaran, Semoga Arus Baliknya Juga Lancar

PT Pelni (Persero) menyiapkan dua kapal untuk membantu perjalanan pemudik dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Erick berharap, kehadiran Pelabuhan Panjang dapat menjadi solusi dalam mengurai antrean di Pelabuhan Bakauheni. Serta memastikan layanan angkutan Lebaran pada arus balik berjalan lancar, aman, nyaman dan selamat.

"Tentu dengan penugasan kepada kami, Kementerian BUMN terus memaksimalkan Pelindo sebagai pelabuhan, Pelni di perkapalan, dan ASDP di penyeberangan. Insya Allah, dengan niat baik, kita bisa selesaikan masalah-masalah di lapangan," pungkas Erick. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.