Dark/Light Mode

Angkut 1.628 Orang Dan 703 Motor

Menhub Lepas Peserta Mudik Gratis Di Pelabuhan Tanjung Priok

Sabtu, 30 April 2022 13:15 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan KM Ciremai yang mengangkut penumpang dan sepeda motor Program Mudik Gratis Naik Kapal Laut di Terminal Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jumat (29/4) malam. (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan KM Ciremai yang mengangkut penumpang dan sepeda motor Program Mudik Gratis Naik Kapal Laut di Terminal Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jumat (29/4) malam. (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan KM Ciremai yang mengangkut penumpang dan sepeda motor Program Mudik Gratis Naik Kapal Laut di Terminal Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jumat (29/4) malam.

Program ini merupakan kerja sama antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan PT Pelni. Rute mudik yang ditempuh KM Ciremai adalah Jakarta-Semarang-Surabaya. Sedangkan jadwal balik rute Surabaya-Semarang-Jakarta dengan KM Ciremai adalah 9 Mei 2022.

Baca juga : APP Sinar Mas Operasikan Pelabuhan Indah Kiat Untuk Layani Pemudik

Menhub mengatakan, program mudik gratis ini diharapkan memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi masyarakat yang sudah dua tahun tidak mudik.

BKS, sapaan akrab Budi Karya menilai, program mudik gratis ini diharapkan akan mengurangi kepadatan lalu lintas serta mengurangi risiko kecelakaan pemudik yang banyak menggunakan sepeda motor.

Baca juga : Airlangga Hartarto Lepas 880 Pemudik Lewat Program Mudik Gratis Bareng Partai Golkar

"Kita tahu juga kalau mengendarai motor Jakarta Semarang itu capek. Kalau capek itu risiko terhadap keselamatan," ujarnya.

Menhub meminta jajarannya di Ditjen Perhubungan Laut bersama Pelni, Pelindo dan unsur terkait lainnya di sektor pelayaran, dapat membuat program yang sama pada penyelenggaraan mudik tahun depan.

Baca juga : BKS Pesan, Sopir Bus Jangan Ngebut-ngebut...

BKS mengungkapkan telah memetakan daerah-daerah yang berpotensi terjadi lonjakan penumpang. Ia meminta aspek keselamatan pelayaran dijaga dengan baik, dan berpesan agar kapal jangan sampai ada yang kelebihan muatan.

"Pergerakan yang meningkat seperti di Madura, Selayar, Sulsel, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Pangkalan Bun dan Batam," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.