Dark/Light Mode

Mudik Lebaran Hidup Lagi Setelah 2 Tahun Sepi, Petugas Bandara Bangga, Penumpang Pesawat Happy

Jumat, 6 Mei 2022 20:18 WIB
Aktivitas bandara bergairah, setelah pemerintah mengizinkan mudik Lebaran, dengan syarat harus sudah divaksin booster. (Foto: Humas AP II)
Aktivitas bandara bergairah, setelah pemerintah mengizinkan mudik Lebaran, dengan syarat harus sudah divaksin booster. (Foto: Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator 20 bandara bersama seluruh stakeholder, telah melakukan persiapan maksimal dalam memastikan kelancaran angkutan Lebaran (angleb) 2022.

Ini adalah suatu kebanggaan tersendiri, mengingat tahun ini pemerintah memberikan lampu hijau untuk aktivitas mudik. Seiring membaiknya penanganan Covid, yang antara lain didukung oleh vaksinasi booster.

 

 

Baca juga : Sambut Lebaran, Ini Langkah PLN Bekasi Jaga Kehandalan Pasokan Listrik

Secara kumulatif, pada H-10 hingga H+2 (22 April - 5 Mei 2022), pergerakan penumpang di 20 bandara AP II mencapai 2,47 juta orang, dengan pergerakan pesawat sebanyak 20.301 penerbangan.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, pada periode tersebut, pergerakan penumpang mencapai 1,58 juta orang dengan pergerakan pesawat 12.812 penerbangan.

AP II juga telah menerima permohonan extra flight penerbangan charter dan berjadwal, yang secara kumulatif berjumlah 1.008 penerbangan di seluruh bandara AP II dari berbagai maskapai, untuk periode 20 April - 10 Mei 2022.

Dari permohonan extra flight tersebut, sebanyak 494 extra flight telah digunakan maskapai hingga 6 Mei 2022.

Baca juga : Mau Mudik Lebaran Dengan Tenang, Puan: Penuhi Hak THR Pekerja

“Pemanfaatan extra flight hampir mencapai 50 persen dari permohonan. Rasio ini cukup tinggi, karena pemanfaatan extra flight pada periode peak season biasanya berkisar antara 20-30 persen,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin.

Penyelenggaraan angleb pada tahun ini disambut dengan baik oleh para pemudik dan pekerja bandara, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta, yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia dalam melayani para pemudik.

Pelayanan baik

Sejumlah penumpang yang ditemui hari ini, 16 Mei 2022, sekitar pukul 14.00 WIB di Terminal 2 menceritakan pengalaman melakukan perjalanan pada periode sibuk ini.

Baca juga : Lebaran Tahun Ini Boleh Mudik, Puan Wanti-wanti Penerapan Prokes

Fajri Ramdhani, penumpang pesawat yang melakukan perjalanan Jambi - Jakarta - Jambi menuturkan, pelayanan oleh operator bandara dan penerbangan sejauh ini cukup baik.

“Pelayanan baik, tidak ada kendala. Sejauh ini, tidak ada masalah. Penerbangan dalam periode arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta juga lancar, tidak ada keterlambatan. Terima kasih buat pengelola bandara untuk pelayanannya. Sudah baik. Sudah maksimal,” ungkap Fajri, yang hari ini kembali terbang ke Jambi dari Bandara Soekarno-Hatta.

Dia mengapresiasi adanya Airport Health Centre di bandara AP II, yang menyediakan layanan tes Covid-19.

Penerbangan Jakarta - Jambi pada hari ini, antara lain dilayani oleh Batik Air ID6804, dengan jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.