Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bicara Di Forum Singapura

BKS Pamer Mudik Sukses Lewat Jalur Penerbangan

Rabu, 18 Mei 2022 06:30 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi panel bertema Reviving Aviation, Rebuilding Connection, pada Selasa (17/5). (Foto : Dok. Kementerian Perhubungan).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi panel bertema Reviving Aviation, Rebuilding Connection, pada Selasa (17/5). (Foto : Dok. Kementerian Perhubungan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimistis industri penerbangan segera bangkit usai terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan BKS-sapaan Budi Karya Sumadi, saat menjadi pembicara diskusi bertajuk Reviving Aviation, Re­building Connection, yang men­jadi salah satu rangkaian acara Changi Aviation Summit 2022 di Singapura, kemarin.

Hadir juga sebagai pembi­cara, Presiden International Civil Aviation Organization (ICAO) Salvatore Sciacchitano, Dirjen International Air Transport As­sociation (IATA) Wilie Walsh, Menteri Transportasi Malaysia Wee Ka Siong, CEO Singapore Airlines Goh Choon Pong, CEO Narita Airport Akihiro Tamura, Dirjen Mobilitas dan Transportasi Komisi Uni Eropa Henrik Holo­lei, serta perwakilan dari Federal Aviation Administration (FAA).

Baca juga : Jokowi Ajak Amerika Jaga Perdamaian Dan Stabilitas Di Indo-Pasifik

BKS yakin, industri penerbangan di sejumlah negara akan pulih. Namun, waktu dan kecepatan pemulihan tentu berbeda-beda. Tergantung dari karakteristik wilayah geografis dan juga kebi­jakan masing-masing negara.

“Saya optimis industri pener­bangan di Indonesia akan kem­bali bangkit dalam waktu dekat. Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat membutuhkan konektivitas mela­lui angkutan udara,” yakin BKS.

Adapun beberapa indikator yang membuat BKS optimis in­dustri penerbangan akan bangkit dari masa turbulensinya. Antara lain, 70 persen penumpang ang­kutan udara adalah penumpang domestik, tingkat vaksinasi yang tinggi, penurunan kasus Covid- 19, pelonggaran pembatasan perjalanan. Dan permintaan masyarakat yang mulai mening­kat terhadap angkutan udara.

Baca juga : Singapura Baru Lebaran Besok

“Apalagi, mudik Lebaran tahun ini menjadi momentum kebangkitan industri penerban­gan nasional,” imbuhnya.

Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini mengakui, mudik tahun ini menjadi sebuah tantangan. Bagaimana melayani tingginya permintaan masyarakat melaku­kan perjalanan, di tengah menu­runnya jumlah armada pesawat yang beroperasi. Dari sebelum­nya 550 pesawat, kini hanya sekitar 350 pesawat.

“Kami perlu berpikir out of the box untuk menghasilkan skenario terbaik mudik. Yaitu, perjalanan yang selamat dan meminimalkan ketidaknyaman­an yang terjadi,” jelas BKS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.