Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RI, Malaysia, Brunei Hari Ini

Singapura Baru Lebaran Besok

Senin, 2 Mei 2022 10:37 WIB
Umat Muslim Singapura baru akan merayakan Lebaran pada Selasa (3/5). (Foto: The Straits Times)
Umat Muslim Singapura baru akan merayakan Lebaran pada Selasa (3/5). (Foto: The Straits Times)

RM.id  Rakyat Merdeka - Umat ​​Muslim Singapura baru akan merayakan Hari Raya Idul Fitri pada Selasa (3/5) besok. Sementara negara berpenduduk mayoritas muslim kawasan ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam berlebaran pada hari ini.

Soal ini, Pemimpin Islam tertinggi di Singapura, Mufti Nazirudin Mohd Nasir mengatakan, muslim di Negeri Singa belum bisa berlebaran pada Senin (2/5), karena belum memenuhi kriteria hilal.

"Menurut perhitungan astronomis, hilal untuk bulan Syawal belum terlihat pada sore hari, setelah matahari terbenam. Seperti yang telah ditetapkan sebelumnya. Ini menandakan, akhir 30 hari Ramadan jatuh pada Senin tanggal 2 Mei," jelas Mufti Nazirudin seperti dikutip The Straits Times, Minggu (1/5) malam.

Baca juga : Shalat Id Di Masjid Singapura Masih Wajib Booking

“Dengan demikian, hari pertama Syawal atau Hari Raya Idul Fitri tahun 1443 Hijriyah jatuh pada hari Selasa, tanggal 3 Mei," sambungnya.

Dalam postingan Instagram, Mufti Nazirudin memaparkan, tim pemantauan hilal belum mendapati bulan sabit, setelah matahari terbenam pada Minggu (1/5). Ini berarti, kriteria masuknya bulan baru dalam kalender Islam belum terpenuhi.

"Semoga Tuhan memberkati upaya ini, untuk membantu mengikuti sabda Nabi, yang menyuruh kita berpuasa selama 30 hari, jika hilal tidak terlihat,” tutur Mufti Nazirudin.

Baca juga : Lebaran Tambah Beban

Dalam pernyataannya, Mufti Nazirudin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri dan memohon maaf lahir batin kepada seluruh umat Islam di Singapura.

"Jangan lupakan prokes saat merayakan Idul Fitri," pesan Mufti Nazirudin. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.