Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng PTPN VIII dan RNI, Wika Siap Kembangkan Kawasan Industri Subang

Rabu, 3 Juli 2019 18:02 WIB
Dari kiri ke kanan: Dirut RNI B Didik Prasetyo, Dirut Wika Tumiyana, dan Dirut PTPN VIII Wahyu usai penandatanganan MoU Pengembangan Kota Industri Subang di Jakarta, Rabu (3/7). (Foto: Humas Wika)
Dari kiri ke kanan: Dirut RNI B Didik Prasetyo, Dirut Wika Tumiyana, dan Dirut PTPN VIII Wahyu usai penandatanganan MoU Pengembangan Kota Industri Subang di Jakarta, Rabu (3/7). (Foto: Humas Wika)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bersama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII (Persero) dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika menjajaki peluang investasi pengembangan kawasan industri di atas lahan seluas lebih dari 11.000 hektar di Subang.

Kepastian tersebut tertuang dalam nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani Direktur Utama WIKA Tumiyana, Direktur Utama PTPN VIII Wahyu, dan Direktur Utama RNI B. Didik Prasetyo di Jakarta, Rabu (3/7).

Fokus pembangunan akan diarahkan pada bangunan industri, perumahan, komersial, fasilitas publik beserta infrastruktur. Baik jalan, air, dan gas serta lainnya.

Baca juga : Kokohkan Kerja Sama Dengan Indonesia, Jepang Siap Makmurkan Kawasan Indo-Pasifik

Tumiyana meyakini, kerja sama ini memiliki prospek yang sangat baik. Apalagi, Subang dan dua daerah lainnya, yaitu Majalengka dan Cirebon telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Segitiga Rebana, dan diproyeksikan akan menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) terbesar di Indonesia.

“Subang punya potensi yang sangat besar sebagai kawasan industri, karena mendapatkan akses langsung melalui Tol Cipali ke Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati. Dengan demikian, kami mengharapkan kerja sama ini akan memberikan keuntungan yang signifikan kepada WIKA, PTPN VIII dan RNI,” ungkap Tumiyana dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/6).

Ia menambahkan, ke depannya, pertumbuhan Subang juga akan turut didongkrak dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga : CSR Pertamina RU IV Cilacap Kembangkan Pertanian Ramah Lingkungan

Kehadirannya diyakin tak hanya menghidupkan kawasan yang dilalui, namun juga berdampak pada sektor industrial. Baik di Jakarta maupun Jawa Barat.

Selain itu, perseroan juga akan mendapatkan keuntungan dari segi portofolio pengembangan kawasan, yang masuk dalam rencana strategis investasi.

Pada belanja modal tahun 2019 sebesar Rp 18,19 triliun pada tahun 2019, Wika akan menggunakan 35,1 persen untuk pengembangan usaha di sektor building dan properti. Untuk pengembangan usaha infrastruktur, dialokasikan 27,1 persen.

Baca juga : Manager PSS Sleman U-16 Jadi Korban Kekerasan Oknum Suporter

Kedua sektor tersebut dipandang memiliki peran penting. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.