Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick: BUMN Nggak Boleh Berhenti Dukung Ekonomi Rakyat

Kamis, 19 Mei 2022 18:35 WIB
Erick: BUMN Nggak Boleh Berhenti Dukung Ekonomi Rakyat

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, sebagai pelayan rakyat, sudah seyogyanya ia hadir di tengah-tengah masyarakat.

Erick ingin memastikan, program-program BUMN berjalan maksimal. Demi memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Makanya, kemarin saya disorot. Ngapain datang ke pondok pesantren. Mungkin, hari ini disorot juga. Ngapain datang ke HKBP. Jawaban saya sama. Karena memang BUMN harus hadir di rakyat. Karena kita punya, yang namanya ekonomi kerakyatan," ujar Erick saat meneken nota kesepahaman atau MoU antara Kementerian BUMN dengan HKBP Pearaja Tarutung di Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Kamis (19/5).

Erick menegaskan, kerja sama BUMN dengan HKBP tak hanya berorientasi pada segi ekonomi. Melainkan juga pengembangan karakter bangsa.

Bagi Erick, upaya menciptakan kesejahteraan akan mustahil terwujud, tanpa adanya kerukunan dan kerja sama antar elemen bangsa.

Erick menyebut, kekuasaan tanpa akhlak akan melahirkan sebuah kezoliman. Kekayaan tanpa akhlak akan menjadi sebuah kerakusan. Kepintaran tanpa akhlak akan menciptakan tipu daya.

"Oleh karena itu, ketika BUMN bekerja sama dengan HKBP, kita tidak hanya bicara tentang ekonomi. Melainkan juga karakter seutuhnya sebagai komponen bangsa," ucap Erick.

Erick mengatakan, Indonesia sudah terlalu lama terjebak dalam ekosistem negara lain. Entah itu China atau Amerika Serikat (AS).

Sumber daya alam (SDA) dan market pun hanya menjadi sumber bagi pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja bangsa lain.

Lewat BUMN, Erick ingin mengubah paradigma tersebut.  Melalui penguatan ekosistem di segala lini dan melibatkan banyak elemen.

Baca juga : 98 Institute: Erick Nyapres Apa Nggak, Itu Urusan Rakyat

Menurutnya, tokoh agama dan tokoh masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam mengawasi program BUMN. Supaya ada check and balance.

Erick mengatakan, BUMN kini mempunyai program Makmur yang merupakan ekosistem pertanian. Terintegrasi untuk peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani.

"Bicara pertanian, sering kita dengar. Apalagi, dalam tahun-tahun politik, nasib petani menjadi sangat krusial. Karena 273 juta penduduk perlu makan. Tapi, tulang punggung kita, tanahnya hilang terus, tambah miskin. Tak mampu untuk membiayai pendidikan," ungkap Erick.

Selain Makmur, Erick juga berbicara program Mekaar yang sudah mencapai 12,7 juta nasabah ibu-ibu, dan ditargetkan mencapai 14,9 juta.

Program ini, berhasil menciptakan 7,1 juta lapangan kerja selama pandemi. Di saat banyak perusahaan lain memangkas jumlah karyawannya.

"Kalau sebuah program berjalan saat situasi normal, itu biasa. Tapi, kalau program yang tetap berjalan, bahkan tumbuh saat situasi sulit, ini luar biasa," lanjut Erick.

Mantan Presiden Inter Milan itu juga menegaskan komitmen BUMN, dalam meningkatkan pembiayaan untuk UMKM hingga 30 persen.

Hal ini selaras dengan arahan Presiden Jokowi, mengingat jumlah pembiayaan negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand untuk UMKM, sudah mencapai 50 persen.

Pemerintah telah menaikkan jumlah alokasi kredit usaha rakyat (KUR) menjadi Rp 388 triliun, dengan komposisi 92 persen berasal dari bank-bank BUMN.

"Artinya, BUMN peduli kepada UMKM. Oleh karena itu, kita terus mendorong keberpihakan untuk UMKM. Baik di BRI, PNM dengan pinjaman Rp 1 juta hingga Rp 4 juta tanpa agunan dengan Mekaar," sambung Erick.

Baca juga : Menko Airlangga Dorong Percepatan Pembangunan Ekonomi Jawa Tengah

Erick juga menargetkan peningkatan jumlah agen BRIlink. Dari yang saat ini hanya 500 ribu agen, menjadi 600 ribu agen.

Hingga saat ini, BRI sudah menyalurkan Rp 190 triliun untuk program KUR. Targetnya, meningkat hingga Rp 260 triliun.

"Hebatnya agen BRIlink, kalau udah jadi juragan, bulanannya bisa Rp 21 juta. Kalah menteri, yang Rp 19 juta. Artinya, UMKM punya kekuatan. BNI juga sekarang kita dorong fokus ekspor untuk UMKM dan korporasi. Ini ekosistem yang kita bangun sama-sama," lanjutnya.

Erick menyampaikan, program-program tersebut tidak dibuat semata-mata, karena dia sedang menjadi menteri.

Dia meyakini, program tersebut merupakan program yang berkelanjutan. Meski kelak tak lagi menjabat menteri.

Erick berpendapat, tidak mungkin menteri selanjutnya memberhentikan program Mekaar yang memiliki 14,8 juta nasabah ibu-ibu maupun program Makmur dengan 200 ribu hektare, yang melibatkan 1,6 juta petani.

"Kita jangan membuat program, hanya karena kita menjabat. Kita harus membuat program yang tetap lanjut, saat tidak lagi menjabat. Artinya, ini bukan program politis. Saya yakin, tidak mungkin program Mekaar dan Makmur berhenti, kalau saya sudah nggak jadi menteri. Kalau dia pemimpin yang baik, masak iya programnya diberhentikan. Ada ibu-ibu 14,9 juta di Mekaar. Di Makmur ada 1,6 juta petani. Tak mungkin dihentikan," kata Erick menambahkan.

Sementara itu, Ephorus HKBP Robinson Butarbutar mengatakan, kehadiran Erick di Kantor Pusat HKBP merupakan suatu hal yang sangat istimewa.

Robinson mengaku terkesan dengan pemaparan Erick, yang begitu komprehensif tentang potensi, peningkatan ekonomi, dan penguatan ekosistem dalam membangkitkan kekuatan perempuan dan masyarakat Indonesia melalui BUMN.

"Sangat jarang, menteri berbicara ke kita dari hati ke hati. Dengan santai, menggetarkan hati, dan mengubah paradigma. Jadi, izinkan saya berterima kasih untuk apa saja yang Pak Menteri lakukan," ucap Robinson.

Baca juga : Survei BI: Keyakinan Konsumen Terhadap Ekonomi Naik

Robinson mengajak seluruh umat HKBP mendoakan langkah dan cita-cita Erick, dalam melaksanakan tugas sebagai Menteri BUMN.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara siap berkolaborasi dengan BUMN, dalam mengoptimalkan potensi yang ada di Tapanuli Utara.

Nikson menyebut, Pemkab Tapanuli Utara memiliki keterbatasan anggaran dalam melakukan sejumlah program. Baik itu infrastruktur, UMKM, hingga pertanian.

"Kiranya, BUMN bisa membantu CSR untuk alsintan, mengingat 80 persen penduduk kami mayoritas petani. Kita juga berkomitmen mendukung UMKM. Agar menjadi tuan di negerinya sendiri," kata Nikson.

Tokoh HKBP RE Nainggolan bahkan menyebut Erick, sebagai sosok yang fenomenal.

Nainggolan menilai, Erick merupakan tokoh muda yang memiliki potensi dalam membawa perubahan bagi bangsa, dengan segudang pengalamannya.

"Ini satu hari yang sangat luar biasa. Jadi, sebuah berkat bagi HKBP. Bapak Erick sosok yang luar biasa buat kita. Beliau jadi salah satu orang terkaya di Indonesia dalam usia yang sangat muda," ujar Nainggolan.

Nainggolan kagum dengan tangan dingin Erick yang selalu berhasil, saat dipercaya mengemban amanah.

Hal ini menunjukkan Erick sebagai sosok yang benar-benar berjuang dan melengkapi diri, dengan segala ilmu pengetahuan dan kekuatan iman dan spiritual.

"Saya sangat kagum. Beliau lebih banyak dikenal sebagai pemilik Inter Milan, ketimbang pengusaha dan menteri BUMN. Itu sesuatu yang sangat luar biasa. Saya pikir, tidak sembarang orang bisa. Makanya, bahagia kita bertemu dengan beliau," kata Nainggolan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.