Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cek Harga Sembako, Puan Berpotensi Besar Didukung Suara Emak-emak

Kamis, 28 April 2022 12:52 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani melakukan pengecekan harga sembako di Kota Kabupaten Jawa Tengah Selasa (26/4).
Ketua DPR, Puan Maharani melakukan pengecekan harga sembako di Kota Kabupaten Jawa Tengah Selasa (26/4).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani melakukan pengecekan harga sembako di Kota Kabupaten Jawa Tengah, pada tanggal 26 hingga 27 April 2022. Tindakan putri almarhum Taufiq Kiemas ini dinilai membela kaum ibu rumah tangga atau emak-emak.

Hal ini dikatakan Direktur Eksekutif Institute of Emporwerment for Indonesian Women (INDW) Indah Sri Ayu. Dia menyebut isu harga sembako sifatnya fundamental bagi emak-emak. Puan dengan tindakannya, kata Indah, ingin menempatkan dirinya sebagai bagian dari emak-emak.

Baca juga : Siapa Pun Lawannya, Duet Prabowo-Puan Berpotensi Paling Kuat

"Sikap Puan pantau harga sembako menunjukan bahwa  dirinya berempati pada masalah riil yang dibutuhkan emak-emak. Bagi saya Puan adalah idola emak-emak," kata Indah, Kamis (28/4).

Indah menyebut alasan mengapa harga sembako jadi isu fundamental bagi emak-emak. Ini karena jika harga naik, maka budget belanja ibu rumah tangga akan membengkak. Hal tersebut, membuat daya beli menurun dan kesejahteraan bisa terganggu. Jadi ini soal isu ketahanan ekonomi bagi ibu rumah tangga.

Baca juga : Selandia Baru Sesuaikan Program Beasiswa Manaaki Dengan Pandemi

"Jadi tindakan Puan adalah suatu langkah positif. Dirinya tahu harus bersikap seperti apa untuk merespon masalah ini, jelasnya.

Lebih lanjut, Indah menyebut emak-emak akan memandang positif jika Puan konsisten dalam memperjuangkan aspirasi perempuan. Hal tersebut, nantinya akan membawa efek elektoral dalam konteks pilpres 2024. Jika nanti Puan maju, kata dia, emak-emak ini bisa jadi basis pendukung militan untuk Puan.

Baca juga : Lestari Imbau Pembangunan Kedepankan Pelestarian Lingkungan

"Suara pemilih emak-emak ini cukup besar. Mereka sangat militan dalam merekomendasikan pilihan politiknya dalam lingkup lingkungan terdekatnya," ujar dia.

Sebagai informasi, pengecekan harga tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerja Puan Maharani selama dua hari di Jawa Tengah.  Dalam kunjungan kerja pada 26-27 April 2022, Puan mendatangi Kota Solo, Kabupaten Karangnyar, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Sragen. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Pasar Jongke di Kabupaten Karanganyar. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.