Dark/Light Mode

Ngomongin G20, Tempo BNI The Bilateral Forum 2022 Digelar

Kamis, 19 Mei 2022 20:24 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Titik cerah pemulihan ekonomi tiba sejak tongkat estafet Presidensi G20 diberikan ke Indonesia akhir Oktober 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kesempatan ini digunakan secara maksimal.

Menangkap isu-isu yang menjadi perhatian seri G20, Tempo.co menyelenggarakan Tempo BNI TheI Bilateral Forum 2022 pada Kamis (12/5) di Ballroom Hotel The Langham, Jakarta.

Baca juga : Kantongi 30 Suara, RI Terpilih Jadi Tuan Rumah World Water Forum 2024

Ada tiga sesi dalam forum ini yaitu sesi pertama pukul 10.00-12.00 WIB dengan tema 'Peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam Pembangunan Ekonomi'.

Sesi kedua pada pukul 13.00-15.00 WIB dengan tema 'Pemulihan Ekonomi Setelah Pandemi'. Sementara sesi ketiga pada 16.00-18.00 WIB dengan tema 'Pemulihan Ekonomi melalui Pariwisata dan Manufaktur'. 

Baca juga : Corona, The New Poor dan Diaspora

Tempo BNI The Bilateral Forum 2022 dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Direktur Utama Tempo Media Group Arif Zulkifli.

Pada sesi pertama yang dimoderatori Direktur Tempo.co A A. Wahyu Dhyatmika, hadir narasumber Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM, Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti, dan Direktur Bisnis UMKM BNI Muhanmad Iqbal.

Baca juga : Produk Hasil Hutan Bukan Kayu Perhutani Tembus Pasar Asia Dan Eropa

Sementara, pada sesi kedua Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara sebagai pembicara utama. Dilanjutkan dengan para pembicara lainnya yaitu Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen. Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Lepel, Operating Partner East Ventures David Audy, serta Kepala Bapedda Kota Makassar Firman Hamid.

Kemudian, pada sesi ketiga, Tempo BNI Bilateral Forum 2022 dimoderatori Melissa Karim dengan pembicara utama dan panelis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno dan Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementerian Investasi/BKPM Indra Darmawan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.