Dark/Light Mode

Sinergi PAG dan RU III Plaju Dukung Kelestarian Keanekaragaman Hayati

Kamis, 4 Juli 2019 09:38 WIB
Rusa Totol yang didatangkan dari Istana Bogor, kini dikembangbiakkan di lokasi penangkaran PAG di Lhokseumawe, Aceh. (Foto: Humas Pertamina)
Rusa Totol yang didatangkan dari Istana Bogor, kini dikembangbiakkan di lokasi penangkaran PAG di Lhokseumawe, Aceh. (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka mendukung pembelajaran dan pengetahuan masyarakat sekitar Perta Arun Gas (PAG) mengenai Keanekaragaman Hayati di komunitas Rusa Totol (Axis axis Sp), PAG jalin sinergi dengan RU III Plaju dengan mendapatkan hibah delapan ekor Rusa Totol ( Axis axis Sp).

Enam ekor Rusa Totol berjenis kelamin betina dan dua ekor berjenis kelamis jantan ini, tiba di Lhokseumawe dengan menempuh perjalanan selama dua hari tiga malam, dan telah tiba di Lokasi Penangkaran di Komplek Perumahan PT Perta Arun Gas Lhokseumawe pada 2 Juli 2019.

Baca juga : Belanda dan Jerman Dukung Indonesia Perangi Anti Mikroba

Satwa jenis Rusa Totol yang mempunyai nama latin Axis axis Sp ini berasal dari Nepal. Didatangkan oleh Thomas Stanford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris pada tahun 1814, hewan ini menempati halaman Istana Bogor dan dikembangbiakkan di sana.

Arif Widodo selaku President Director PT Perta Arun Gas menjelaskan, pada akhir Desember 2018, PAG telah resmi mempunyai Lokasi Penangkaran di plant site Lhokseumawe. ”Desember 2018, kami mendapatkan hibah enam ekor rusa totol dari Istana Kepresidenan Bogor, untuk dikembangbiakkan di lokasi penangkaran Lhokseumawe," ungkap Arif.

Baca juga : Air Bersih dan Sanitasi Difokuskan Kepada Korban Banjir Sultra

Untuk mendatangkan Rusa Totol RU III Plaju ke lokasi penangkaran, PAG juga bersinergi dengan dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banda Aceh, Sumatera Selatan dan juga Lhokseumawe. Saat pengangkutan, delapan ekor jenis satwa liar tidak dilindungi ini didampingi oleh dokter hewan, fungsi CSR PAG, perwakilan BKSDA Banda Aceh, serta Lhokseumawe dengan menggunakan truk.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada GM RU III Plaju, yang sudah menerima permintaan hibah Rusa Totol dari PAG, serta membantu proses pengangkutan, sehingga delapan ekor hewan ini tiba di lokasi PAG dengan selamat," papar Arif. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.