Dark/Light Mode

Tinggal Sudirman dan Fery Yang Jaga, Kertanegara Sepi

Minggu, 21 April 2019 06:11 WIB
Rumah Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Ilustrasi/Foto: Kumparan.com)
Rumah Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Ilustrasi/Foto: Kumparan.com)

RM.id  Rakyat Merdeka - Biasanya rumah Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, penuh dengan pendukungnya. Tapi kemarin beda. Rumah ini mulai sepi.

Berbeda dengan 3 hari sebelumnya, Prabowo tak menjejakkan kakinya di Kertanegara. Seharian kemarin Prabowo berada di Hambalang.

Sejak hari pencoblosan, 17 April lalu, Prabowo rutin berkunjung ke Kertanegara. Hari pertama, dua kali dia mendeklarasikan kemenangan. Keesokan harinya, datang lagi. Kemudian Jumat, 19 April, dia menggelar syukuran dan doa bersama atas klaim kemenangannya itu.

Memang, ada beberapa mobil yang terparkir persis di depan rumah Prabowo di Kertanegara. Dua di antaranya, Lexus dan Datsun. Tenda merah putih masih dipasang di sisi kanan rumahnya.

Sekitar 50-an karangan bunga ucapan selamat atas klaim kemenangan Prabowo masih ada. Dijejer berhadap-hadapan di sepanjang jalan sekitar rumahnya. Beberapa pendukung Prabowo, juga masih hilir mudik di sekitar kediaman eks Danjen Kopassus itu. Namun, tak seramai hari-hari sebelumnya.

Baca juga : Yusril: Kader Dan Caleg Jangan Terpengaruh Hasil Quick Count

Yang hadir di sekitaran Kertanegara kemarin hanya 4 orang. Mereka adalah Hashim Djojohadikusumo, Sudirman Said, Ferry Mursyidan Baldan dan politikus Demokrat, Ferdinand Hutahean.

Mereka hadir di Media Center BPN, yang berjarak sekitar 30 meter dari kediaman Prabowo, sekitar pukul 4 petang. Tapi masuknya, sudah di Jalan Sriwijaya karena letaknya di jalan seberang rumah Prabowo.

Di sana, mereka menyampaikan beberapa hal soal perkembangan real count Pilpres 2019 kepada wartawan. Di antaranya, langkah BPN melaporkan 1.200 indikasi kecurangan Pilpres ke Bawaslu.

BPN juga masih keukeuh Prabowo memenangkan pemilu. Dasarnya, formulir C1. BPN akan mengeluarkan data itu saat proses rekapitulasi. BPN akan membandingkan hasil rekapitulasi dari KPU dengan hasil data yang dimilikinya.

Setelah acara selesai, praktis, tak ada lagi yang menarik. Sebagian wartawan bertahan. Sebagian menuju Masjid At Taqwa, Jalan Sriwijaya. Di sana, Sandiaga Uno menghadiri acara Nisfu Sya'ban.

Baca juga : Bangsa Indonesia Matang Dalam Berpolitik Dan Berdemokrasi

Sandi bersama istrinya, Nur Asia Uno tiba di Masjid At Taqwa pukul 6 petang. Cawapres pendamping Prabowo itu mengenakan baju koko berwarna putih. Sedang istrinya memakai baju berwarna hitam dan putih dibalut kerudung krem.

Putra Mien Uno itu langsung masuk ke dalam masjid untuk menjalankan ibadah sholat Maghrib. Setelah itu, bersama para jamaah, dia membaca surat Yasin. Acara selesai setelah sholat Isya.

Pertama kalinya sejak 17 April, Sandi mau diwawancarai wartawan. Tapi, dia hanya mau menjawab soal kondisi kesehatannya.

Sandi sebelumnya didiagnosa dokter menderita sakit radang tenggorokan dan gangguan lambung. “Hari ini baru saja mendapat hasil tes kesehatan, alhamdulillah baik, tinggal istirahat selama dua hari ini dan semoga minggu depan bisa beraktivitas kembali secara normal,” tuturnya sambil tersenyum.

Sandi pun menyampaikan ucapan terima kasih atas doa-doa yang diberikan kepadanya dari para pendukungnya. Setelah itu, dia buru-buru pamit pulang ke rumahnya.

Baca juga : PM Singapura Akan Terima Award Negarawan Sedunia

Wasekjen BPN Prabowo-Sandiaga, Chandra Tirta Wijaya menyebut, Sandi membaik. Dia juga sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah pihak lewat telepon. Di antaranya, Amien Rais hingga Ketum PAN Zulkifli Hasan. “Ada banyaklah, tadi Pak Amien telepon, Pak Zul,” ungkapnya di tempat yang sama.

Kembali ke rumah Prabowo, kian malam, kian sepi. Mobil-mobil masih terparkir di sekitaran rumahnya. Tapi, jumlah pendukungnya kian berkurang. Rumahnya terang. Di dalamnya ada orang. Dari dalam rumah, terdengar rekaman tausiah-tausiah yang diputarkan.

Apa Prabowo ada di rumah? Jubir BPN Andre Rosiade menyebut, Prabowo tidak berada di Kertanegara. “Di Hambalang saja sambil memantau C1,” ungkap Andre kepada Rakyat Merdeka, semalam. Sambil memantau C1 itu, Prabowo juga menerima sejumlah tamu. Sayang, Andre enggan mengungkapkan siapa tamunya. Hanya bilang, tamu internal. “Itu saja agenda beliau,” tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.