Dark/Light Mode

Angkasa Pura II, BRIN Dan PPI Curug, Kolaborasi Kembangkan Bandara Nasional

Minggu, 22 Mei 2022 20:16 WIB
Foto: Dok. Angkasa Pura II
Foto: Dok. Angkasa Pura II

 Sebelumnya 
Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan PPI Sukarwoto mengatakan kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri sangat diperlukan untuk pengembangan sumber daya manusia.

“Peran industri sangat penting untuk turut mendukung pengembangan dunia pendidikan. Kami sangat menyambut baik kolaborasi dengan AP II,” jelas Sukarwoto.

Pada penandatanganan MoU ini juga digelar webinar bertajuk Collaborative Research & Innovation. Kepala Pusat Riset Koperasi, Korporasi, dan Perekonomian Rakyat BRIN Irwanda Wisnu Wardhana di dalam webinar tersebut menyampaikan kemajuan negara bergantung juga dengan kemajuan teknologi.

Baca juga : Kemenangan Jadi Harga Mati

Kemajuan teknologi sendiri dapat didorong dengan kolaborasi di antara para stakeholder untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

“AP II dan BRIN akan membangun kolaborasi riset, membangun ekonomi Indonesia pulih dari kondisi sekarang [akibat terdampak pandemi Covid-19,” ujar Irwanda Wisnu Wardhana.

Melalui kolaborasi riset ini, AP II dan BRIN akan menghasilkan berbagai penemuan yang dapat mengakselerasi operasional maupun layanan kebandarudaraan.

Baca juga : Buka Preliminary, Kepala BP2MI Sebut Jokowi Kebanggaan Indonesia

“Penemuan-penemuan ini perlu dipatenkan, dan bisa dikomersialisasikan guna menjadi sumber pendapatan baru bagi AP II. Secara makro, Indonesia akan memiliki lebih banyak paten,” ujar Irwan Wisnu Wardhana.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan pengembangan riset dan inovasi ini juga dapat meningkatkan kapasitas dari teknologi yang sudah dimiliki AP II untuk dimanfaatkan di berbagai bidang.

Menurutnya, Teknologi di AP II dapat kita scaling up, naik kelas, untuk dipakai di berbagai tempat. Contoh pengembangan riset dan inovasi misalnya mobil listrik di bandara, energi baru terbarukan, dan lain sebagainya.

Baca juga : Awkarin, Bukan Pembunuh, Justru Korban Kekerasan Mantan

"Komunikasi akan dilakukan secara erat antara AP II dan BRIN untuk menentukan kebutuhan riset,” pungkas Irwanda Wisnu Wardhana.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.