Dark/Light Mode

Permudah Pelaku Usaha Dapat Akses Listrik, PLN Hadirkan ALMA Di Pelabuhan Balong Sabang

Sabtu, 28 Mei 2022 14:44 WIB
Kehadiran Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) menjadi transformasi energi khususnya sektor transportasi laut dan perikanan sehingga memudahkan para pelaku usaha untuk mengakses layanan listrik. (Dok. PLN)
Kehadiran Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) menjadi transformasi energi khususnya sektor transportasi laut dan perikanan sehingga memudahkan para pelaku usaha untuk mengakses layanan listrik. (Dok. PLN)

 Sebelumnya 
Hadirnya ALMA, penggunaan captive power bisa dikecilkan dari sisi pelanggan. Diharapkan, implementasi ATM listrik ini dapat benar-benar mendukung peningkatan ekonomi di sektor kemaritiman.

“Untuk itu ALMA hadir bagi kapal yang sedang bersandar untuk mengubah pola pemakaian berbasis mesin BBM menjadi berbasis listrik,” tutupnya.

Baca juga : Kontruksi PLTA Asahan 3 Capai 55,44 Persen, PLN Selesaikan Pengeboran Terowongan Jalur Air

Sementara itu, General Manager ASDP Agus Djoko Triyanto mengucapkan terimakasih kepada PLN atas terealisasinya pemasangan ALMA di Pelabuhan Balohan Sabang.

“Apresiasi kami sampaikan kepada PLN atas respon cepatnya. Dengan hadirnya ALMA di Pelabuhan Balohan Sabang diharapkan dapat terus melayani segala kebutuhan listrik dan mendukung kegiatan usaha khususnya bagi operasional kapal-kapal yang bersandar di pelahuhan,” ujarnya.

Baca juga : Mudahkan Pengguna Kendaraan Listrik, PLN Tambah SPKLU Di Banten

Djoko juga menambahkan bahwa dengan kehadiran ALMA dapat meningkatkan efisiensi.

Dilihat dari aspek operasional, ALMA dapat meningkatkan efisiensi dari sisi lifetime suku cadang serta penggantian oli mesin yang lebih panjang dikarenakan tidak perlu menyalakan mesin saat kapal bersandar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.