Dark/Light Mode

BRI, Penyumbang Terbesar Laba BUMN 2021

Jumat, 10 Juni 2022 16:17 WIB
BRI, Penyumbang Terbesar Laba BUMN 2021

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menjadi kontributor laba terbesar bagi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) di tahun 2021.

Sebelumnya, pada Rapat Dengar Pendapat dengan DPR (7/06) Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, laba BUMN pada 2021 mencapai Rp 126 triliun. Di mana nilai itu meningkat dari laba tahun 2020 yang senilai Rp 13 triliun atau tumbuh 869 persen.

BRI menjadi BUMN yang mencatatkan laba tertinggi sebesar Rp 32,22 triliun di tahun 2021 atau setara 25,5 persen dari total laba seluruh BUMN di tahun 2021.

Baca juga : BPOM Ungkap Penyakit Yang Disebabkan BPA

Direktur Utama BRI Sunarso mengapresiasi terhadap pencapaian Kementerian BUMN, yang berhasil mendorong kinerja seluruh perusahaan BUMN. Khususnya melalui transformasi di tengah kondisi pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Transformasi yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN terbukti memberikan dampak positif terhadap BRI dan seluruh perusahaan BUMN secara umum. Untuk itu, transformasi ini akan terus kami perkuat untuk menjaga keberlanjutan bisnis ke depan,” ucap Sunarso dalam keterangan resminya, Jumat (10/6).

Sunarso mengungkapkan, penopang utama pertumbuhan laba BRI di sepanjang tahun 2021 lalu terletak pada kinerja kredit dan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang tumbuh positif disertai penurunan biaya bunga yang signifikan.

Baca juga : Lagi, Pemain Jepang Merapat Ke Liga 1

Di saat bersamaan perseroan mampu mengelola portfolio mix dan kualitas aset sehingga dapat meningkatkan yield asset.

“Raihan laba BRI membuktikan perseroan dapat terus meng-create economic value kepada seluruh stakeholders di tengah kondisi yang menantang,” sebutnya.

Sebagai bentuk economic value creation yang diusung perseroan, BRI juga telah menyetorkan dana sebesar Rp 27,09 triliun kepada negara di sepanjang tahun 2021. Setoran tersebut terdiri dari pembayaran pajak senilai Rp 20,17 dan pembayaran dividen atas laba tahun buku 2020 senilai Rp 6,92 triliun.

Baca juga : Joss! RI Penyumbang Penjualan Mitsubishi Terbesar Global

“Jika ditarik lebih jauh, sejak tahun 2019 hingga 2021, BRI telah menyetorkan pajak dan dividen kepada negara dengan jumlah total mencapai Rp 82,03 triliun,” rinci Sunarso.

BRI sambungnya, telah menyiapkan empat strategi utama untuk meneruskan capaian positif hingga akhir 2022. Yakni selective growth, di mana BRI berfokus pada sektor yang memiliki potensi tinggi, dengan eksposur minimum terhadap gejolak eksternal, yaitu sektor pertanian, industri bahan kimia, serta makanan dan minuman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.