Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

APP Sinar Mas Dukung Teknologi Modifikasi Cuaca Di Sumsel Dan Jambi

Senin, 13 Juni 2022 09:38 WIB
Proses modifikasi cuaca. (Foto: Antara)
Proses modifikasi cuaca. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan APP Sinar Mas mendukung pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi selama 15 hari sejak 27 Mei 2022.

Koordinator TMC Sumsel-Jambi yang merupakan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional di Palembang, Dwipa Wirawan mengatakan, melalui dukungan dari sejumlah perusahaan perkebunan yang berada di bawah naungan Sinas Mas itu setidaknya 12,8 ton garam sudah disemai di udara selama kegiatan TMC ini.

Ia menambahkan program TMC ini dilakukan memang di masa pancaroba karena masih ada awan yang dapat disemai garam. Oleh karena itu, kegiatan TMC digencarkan dari Mei-Juni.

Baca juga : FORKAMI Siap Dukung KKP Jadikan Maluku Lumbung Ikan Nasional

“Biasanya setelah dua sampai tiga jam setelah disemai garam, terjadi hujan,” kata dia dikutip dari Antara, Senin (13/6).

Pada tahun ini proses TMC dapat berjalan maksimal karena adanya musim kemarau basah.

Ia mengatakan, selama proses TMC itu telah berhasil menaikkan tinggi muka air tanah di kanal-kanal produksi milik perusahaan perkebunan. Kondisi ini akan menguntungkan saat musim kemarau mendatang karena dapat mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumsel-Jambi.

Baca juga : APP Sinar Mas Borong Penghargaan Manajemen Keselamatan Dari Kemnaker

Proses penyemaian dilakukan di Sumsel ini meliputi wilayah Ogan Komering Ilir, Banyuasin dan Musi Banyuasin. Sementara wilayah Jambi meliputi Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi.

Kegiatan TMC ini merupakan kegiatan pencegahan karhutla yang mana dukungan dari Sinar Mas sudah dilakukan dalam tiga tahun terakhir.

“APP membantu pendanaan, data dan personel juga. Selain itu kami juga mendapat dukungan dari TNI AL dan BPBD, dalam satu kali terbang setidaknya ada 8 orang,” kata dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.