Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemerintah Dukung UMKM Kembangkan Produk Berbasis Sawit

Sabtu, 9 April 2022 20:59 WIB
Workshop Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Sabtu (9/4). (Foto: Istimewa)
Workshop Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Sabtu (9/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang sawit untuk melakukan pengembangan produknya. Pelaku UMKM juga perlu merancang strategi pasar yang matang dan tepat.

Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM Kementerian Koperasi dan UKM Dwi Andriani Sulistyowati memaparkan, sektor UMKM berkontribusi sebesar 60,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Baca juga : Satgas BLBI Cuekin Protes Sentul City

"Sektor UMKM juga berkontribusi sebesar 15,6 persen terhadap ekspor non migas Indonesia," tutur Dwi dalam sambutannya di workshop yang digelar Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dikutip Sabtu (9/4).

Saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan LKPP untuk ikut meningkat pembelanjaan produk lokal. Salah satunya membeli produk UMKM melalui katalog elektronik dan toko daring. "Pembelanjaan itu dianggarkan sebesar 40 persen dari APBN dan APBD," ungkap Dwi.

Baca juga : Duo Menlu Perempuan Tegaskan Komitmen Bangun Kerja Sama Bilateral

Dalam kegiatan ini dilaksanakan workshop pembuatan pupuk organik dari limbah sawit, produksi sabun dan cokelat berbahan sawit, produksi minyak goreng berbahan sawit, produksi bumbu mie instan berbahan sawit, talkshow platform digital untuk pemasaran produk dan akses pembiayaan UMKM sawit, dan pameran produk UMKM sawit.

Kegiatan ini diikuti secara offline oleh pengurus Koperasi Kelapa Sawit, UMKM, dan mahasiswa wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, dan Jambi serta peserta secara online dari pelaku UMKM, mahasiswa, peneliti, dan masyarakat umum. 

Baca juga : Pemerintah Diminta Lobi Inggris Kembalikan Aset Hamengkubuwono II

Pameran produk-produk UMKM sawit menampilkan di antaranya hand sanitizer sawit, sabun cuci tangan sawit, produk pangan berbasis minyak sawit seperti mie instan, bumbu rendang, dan cokelat, hingga produk-produk kerajinan seperti kotak tisu dan frame cermin yang berbahan tandan kosong sawit dan lidi sawit.

Produk-produk ini diproduksi oleh Koperasi SETARA DPP APKASINDO, UMKM binaan SBRC LPPM IPB University, dan UMKM binaan LPPM Universitas Andalas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.