Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pemerintah Dukung UMKM Kembangkan Produk Berbasis Sawit

Sabtu, 9 April 2022 20:59 WIB
Workshop Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Sabtu (9/4). (Foto: Istimewa)
Workshop Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Sabtu (9/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang sawit untuk melakukan pengembangan produknya. Pelaku UMKM juga perlu merancang strategi pasar yang matang dan tepat.

Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM Kementerian Koperasi dan UKM Dwi Andriani Sulistyowati memaparkan, sektor UMKM berkontribusi sebesar 60,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Berita Terkait : Satgas BLBI Cuekin Protes Sentul City

"Sektor UMKM juga berkontribusi sebesar 15,6 persen terhadap ekspor non migas Indonesia," tutur Dwi dalam sambutannya di workshop yang digelar Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dikutip Sabtu (9/4).

Saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan LKPP untuk ikut meningkat pembelanjaan produk lokal. Salah satunya membeli produk UMKM melalui katalog elektronik dan toko daring. "Pembelanjaan itu dianggarkan sebesar 40 persen dari APBN dan APBD," ungkap Dwi.

Berita Terkait : Duo Menlu Perempuan Tegaskan Komitmen Bangun Kerja Sama Bilateral

Dalam kegiatan ini dilaksanakan workshop pembuatan pupuk organik dari limbah sawit, produksi sabun dan cokelat berbahan sawit, produksi minyak goreng berbahan sawit, produksi bumbu mie instan berbahan sawit, talkshow platform digital untuk pemasaran produk dan akses pembiayaan UMKM sawit, dan pameran produk UMKM sawit.

Kegiatan ini diikuti secara offline oleh pengurus Koperasi Kelapa Sawit, UMKM, dan mahasiswa wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, dan Jambi serta peserta secara online dari pelaku UMKM, mahasiswa, peneliti, dan masyarakat umum. 

Berita Terkait : Pemerintah Diminta Lobi Inggris Kembalikan Aset Hamengkubuwono II

Pameran produk-produk UMKM sawit menampilkan di antaranya hand sanitizer sawit, sabun cuci tangan sawit, produk pangan berbasis minyak sawit seperti mie instan, bumbu rendang, dan cokelat, hingga produk-produk kerajinan seperti kotak tisu dan frame cermin yang berbahan tandan kosong sawit dan lidi sawit.

Produk-produk ini diproduksi oleh Koperasi SETARA DPP APKASINDO, UMKM binaan SBRC LPPM IPB University, dan UMKM binaan LPPM Universitas Andalas.
 Selanjutnya